Berita:

Update RPN OJ forum! Petualangan keenam kelompok Trihörrèan di Kerajaan Líghtran berlanjut. Sanggupkah mereka mengakhiri masalah di Líghtran? Baca rangkuman kisah maraton sesi terakhir di sini dan lanjutkan petualangan mereka.

Main Menu

Grafik Komputer

Dimulai oleh Èxsharaèn, 01 Juni 2007, 03:58:19

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Èxsharaèn

Well, di kampusku sih ini adalah mata kuliah yang dianggap "paling mengerikan", tapi sebenarnya tidak semenakutkan yang dibayangkan banyak orang. Memang, kita sering terkagum-kagum melihat kualitas grafik suatu permainan, atau melihat suatu program bisa melakukan animasi yang cukup kompleks. Pernah nggak terbersit di pikiran, gimana cara buatnya?

Nah, artikel ini mencoba memberikan informasi dasar mengenai grafik komputer. Sebelum menguasai yang rumit-rumit, kita harus bisa dasarnya dulu kan? Memang akan ada banyak teori di sini, tapi teori-teori tersebut akan langsung diikuti dengan prakteknya: membuat program dengan konsep yang sudah dipelajari sebelumnya. Mungkin artikel ini tidak bisa mencakup seluruh materi tentang grafik komputer, jadi setelah selesai menguasai artikel ini, coba kembangkan lagi. Siapa tahu kita nanti bisa membuat game sendiri yang sepenuhnya dibangun lewat program, tanpa menggambar sama sekali!

Sebelum lanjut membaca, ada baiknya aku tuliskan apa saja yang diperlukan untuk mempelajari artikel ini.

Teori:
Pengetahuan matematika yang memadai tentang aljabar, persamaan linear, trigonometri, matriks.

Praktek:
Dasar-dasar pemrograman. Kalau mau, silakan belajar dulu lewat artikel Buat program yuk! dan PBO (segera).
Pengetahuan tentang C++ dan MFC (jangan khawatir, pengenalannya akan diberikan nanti). Kenapa C++? Bahasa ini cross-platform dan kebetulan paling banyak digunakan untuk pemrograman grafis.
Karena menggunakan MFC, sistem operasi yang akan digunakan di sini hanya Windows, minimal Windows 98.
Microsoft Visual C++ 6. Kalau kesulitan mendapatkannya, unduh saja Microsoft Visual C++ 2005 Express Edition (gratis), walaupun akan ada beberapa penyesuaian. Artikel ini akan menggunakan VC++ 6 dengan petunjuk penyesuaian pada VC++ 2005.
Dukungan komputer terhadap OpenGL (instalernya akan aku sertakan). Kebanyakan kartu VGA mendukung OpenGL.

Karena artikel ini butuh penguasaan dasar-dasar pemrograman, aku akan pelan-pelan saja menulisnya sampai kedua artikel pendamping tentang pemrograman selesai ditulis.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen