Berita:

Projek aktif: RPG OJ v0.3
Projek sampingan: Zion TCG, SETH
Projek ditunda: Tales of Another Journey

Main Menu

Fable III (PC)

Dimulai oleh Èxsharaèn, 26 Juni 2011, 01:18:00

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Èxsharaèn

Setelah sekian lama Fable II (Fable The Lost Chapter) terbit, kali ini Microsoft Game Studio dan Lionhead Studio bekerja sama kembali menghadirkan Fable III. Kali ini, Hero bebas dipilih antara pangeran atau putri. Ya, ceritanya berbeda dari sebelumnya, kali ini sang Hero memiliki darah biru. Kakaknya, Logan, adalah penguasa saat itu, yang ternyata tiran. Cerita dimulai di lingkungan istana, dan ternyata terjadi suatu konflik yang menyebabkan sang Hero harus meninggalkan istana dan mencari sekutu untuk menggulingkan tirani kakaknya. Kelihatan sederhana? Mungkin, tapi ketika sang Hero berhasil menjadi raja, ternyata cerita belum usai dan bukan itu masalah utamanya :D

Well, Fable kali ini memang tampak cukup sederhana. Dari sisi tampilan antarmuka, Fable III jauh lebih sederhana dari pendahulunya. Tidak ada HP bar, namun digantikan dengan layar yang memerah ketika Hero kita terluka. Dari satu sisi ini bagus karena tidak mengganggu pandangan, tapi kadang-kadang kita jadi tidak menyadari berapa health yang masih tersisa ;D tingkat kesulitan hanya ada dua, yaitu Normal dan Challenge, yang berbeda hanya di regenerasi health (Challenge menghilangkan regenerasi health). Keahlian masih tetap tiga buah: melee, ranged (karena ceritanya sekarang pada zaman revolusi industri, maka panah digantikan pistol dan senapan), dan magic. Magic kali ini pun langsung didapat sejak petualangan pertama (tutorial sebenarnya) dan tidak ada MP serta tidak ada skill macam-macam. Hanya ada enam magic (api yang pertama kali didapat gratis, shock, ice, force, blades, dan vortex) di sini, dan setelah beberapa waktu kita bisa menggunakan dua magic sekaligus (percaya atau tidak, hampir semuanya bisa dikombinasikan). Magic pun dibagi dua menjadi single magic (menggunakan LMB) dan area magic (menggunakan RMB). Sistem EXP untuk setiap keahlian dihilangkan, namun diganti dengan sebuah sistem Guild Seal yang sangat sederhana. Guild Seal didapat dari musuh maupun menjalankan quest, dan nantinya bisa ditukarkan dengan bermacam-macam keahlian di Road to Rule. Apa lagi tuh?

Road to Rule adalah sebuah jalan di dimensi lain yang menggambarkan progres permainan kita. Jalan ini berisi banyak peti harta yang hanya bisa dibuka dengan menukarkan sejumlah Guild Seal tertentu. Jalan ini pun dibagi-bagi menjadi beberapa area, yang awalnya terkunci. Cara membukanya adalah dengan menyelesaikan alur cerita. Tiap kita mendapatkan sekutu baru, atau tiap bagian penting pada cerita, pintu gerbang menuju area baru dan peti-peti baru pun terbuka. Isi petinya apa saja? Well, peningkatan skill melee, ranged, dan magic hingga lima level, kemudian gauntlet untuk sihir, keahlian bekerja seperti penempa besi, pemain musik, dan pembuat pie (ya, kali ini kita bisa bekerja untuk mendapatkan uang dengan cepat), serta ekspresi. Well, kali ini ekspresi harus didapatkan sendiri, tidak lagi disediakan seperti sebelumnya :)

Dari sisi interaksi antara pemain dengan antarmuka, mungkin ada yang pernah membaca bahwa Fable III untuk PC ini bukan untuk PC. Separuhnya benar, karena di kebanyakan kasus kita harus menekan dan menahan tombol E (dasar untuk berinteraksi) ataupun tombol lain untuk mengkonfirmasi tindakan. Teknik ini sebenarnya adalah teknik yang diterapkan pada hampir semua game yang rilis di bawah Kinect. Di luar itu, sebenarnya antarmuka Fable III ini sangat unik. Hanya ada empat shortcut, yaitu F1 hingga F4. Pada pertempuran, berturut-turut tombol ini digunakan untuk meminum health potion (tidak akan muncul kalau Hero tidak terluka, sangat bagus agar health potion tidak terbuang sia-sia), makan (kalau punya makanan), meminum summon creature potion (akan memunculkan bala bantuan selama beberapa saat, cocok untuk mengalihkan perhatian saat sedang dikepung banyak musuh), atau meminum time potion (waktu akan melambat untuk beberapa saat, kecuali waktunya Hero). Pada keadaan normal, keempat shortcut ini tidak akan muncul. Peta mini tidak disediakan, tapi sebagai gantinya petunjuk arah diberikan dalam bentuk glowing trail langsung pada lingkungannya. Tentu saja petunjuk arah ini tergantung quest saat itu, dan nyaris 100% benar. Tidak perlu lagi takut tersesat atau harus membaca peta :D ngomong-ngomong, petanya tidak mencerminkan lingkungan sesungguhnya seperti kebanyakan peta yang datar dan statis, namun berbentuk miniatur lingkungan sesungguhnya dan kita bisa berinteraksi dengan peta itu, seperti fast travel (walaupun untuk sebagian besar kasus akan dibawa ke pintu masuk daerah tersebut), membeli/menjual rumah/toko dan mengatur sewa (kalau disewakan), memindahkan keluarga, melihat quest yang tersedia, dan sebagainya. Menu permainan?

Lupakan menu konvensional berbasis teks seperti di game umum! Jika kita menekan tombol "menu" (dasarnya Esc), kita akan dibawa ke tempat lain yang bernama Sanctuary. Di sini, kita bisa berinteraksi dengan peta (walaupun pada keadaan normal bisa saja menekan tombol M langsung), membuka hadiah yang diberikan para penduduk, dan melihat status anjing (oh ya, Hero kita akan ditemani seekor anjing yang berguna untuk mengendus harta karun, baik peti maupun yang terpendam di tanah, mencium kehadiran musuh dan membantu mengalahkan musuh yang terjatuh ke tanah). Sanctuary ini sendiri terbagi menjadi empat ruangan berbeda, yaitu ruangan senjata, ruangan pakaian, ruangan kekayaan, dan ruangan Live (yang terakhir ini tidak ada gunanya di Indonesia karena kita tidak punya akses ke layanan Live ;D). Di ruangan senjata kita bisa melihat koleksi senjata dan mengganti senjata sekarang. Di ruangan pakaian, kita bisa mengganti pakaian maupun aksesoris lain (rambut wajah, tato), bahkan kita bisa mewarnai sendiri baju kita (asalkan punya pewarnanya). Berbeda dengan Fable II, pakaian di sini tidak memiliki pengaruh terhadap kekuatan pertahanan. Satu-satunya cara bertahan dari serangan musuh adalah menggunakan sikap bertahan dengan senjata melee. Pakaian lebih difungsikan sebagai aksesoris maupun syarat untuk menjalankan quest tertentu. Di ruangan kekayaan, kita bisa melihat trofi dan achievement yang sudah didapat (sayangnya versi crack-ku tidak sempurna sehingga semua achievement tetap terkunci walaupun sudah memenuhi syarat) maupun melihat kekayaan kita secara fisik dalam bentuk gundukan emas. Ada juga buku catatan pengeluaran dan pemasukan (walaupun hanya sekitar sepuluh transaksi terakhir saja yang tercatat), dan buku ini tidak berguna sampai nantinya kita menjadi raja dan memiliki dua kekayaan: kekayaan kerajaan dan kekayaan pribadi. Lalu, cara menyimpannya gimana? Ada satu menu utama game yang tersedia di ruangan utama Sanctuary. Kelihatannya menu tersebut berbasis teks, tapi ketika kita memilih Game Management untuk menyimpan... Kita akan dibawa ke satu ruangan lain, dan alih-alih muncul jendela untuk memilih slot kosong, kita harus berjalan menuju patung-patung yang akan mewakili satu slot save. Unik kan? :D

Di luar antarmuka yang benar-benar baru, aspek kehidupan si Hero juga cukup diperhatikan. Interaksi dengan penduduk kini semakin intens. Pada awal pertemuan, status hubungan Hero kita dengan seseorang adalah netral. Untuk meningkatkan hubungan (kecuali prajurit yang hanya bisa diajak berinteraksi tanpa bisa memiliki hubungan), kita harus berinteraksi menggunakan beberapa ekspresi (ada tiga macam: baik, jahat, dan campuran). Tepat sebelum hubungan meningkat, orang itu akan memberikan quest sederhana, seperti mengantarkan barang atau mencari barang hilang. Kalau ingin menjalin hubungan baik dengan semua orang, memang kegiatan ini menjadi repetitif dan membosankan (apalagi jumlah penduduk di Albion banyak sekali), namun semakin tinggi hubungan kita dengan seseorang, semakin besar kemungkinan ia akan lebih sering memberikan hadiah yang berisi item lebih baik. Saat berinteraksi, kita bisa melihat sifat orang tersebut. Khusus untuk percintaan, hubungan cinta hanya bisa muncul pada hubungan lawan jenis (untuk Straight dan Bisexual) atau hubungan sesama jenis (untuk Gay dan Bisexual), dan quest untuk meningkatkan hubungan dari teman ke cinta adalah berkencan, tidak peduli siapapun orangnya. Quest ini hanya mengajak orang yang bersangkutan (memang kali ini kita bisa menggandeng seseorang, ada beberapa quest lain yang mengharuskan seperti ini seperti menangkap penjahat atau menemani seseorang ke tempat tertentu) ke suatu tempat, dan di sana kita harus menciumnya. Hubungan pasti akan meningkat ke status cinta, dan barulah kita bisa mengajaknya untuk menikah (asalkan memiliki cincin kawin, punya biaya untuk acara pernikahan, dan harus beli rumah sendiri). Opsi seks pun terbuka jika kita menggandeng seseorang ke tempat tidur (aku belum coba untuk selain suami/istri atau PSK, apakah orang biasa pasti mau), dan khusus seks lawan jenis, ada kemungkinan menghasilkan bayi kalau tidak menggunakan kondom :P

Overall, Fable III lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Dengan percakapan yang cukup cerdas dan sesekali menggelitik, dan aspek-aspek baru yang disederhanakan namun tidak mengurangi kompleksitas permainan, Fable III cocok untuk dimainkan siapa saja. Waktu bermain pun tidak terlalu lama, aku menyelesaikan game ini dalam waktu sekitar 33 jam, belum termasuk beberapa quest sampingan yang masih bisa diakses walaupun alur cerita utama sudah diselesaikan. Seperti biasa, tinggal pilih, mau jadi Hero yang baik atau yang jahat? Coba sendiri untuk mengetahui asyiknya Fable III :)
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Stash

Minimum spesifikasinya apa saja?
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Èxsharaèn

Berhubung di Steam ga rilis di Indonesia, ini aku ambil dari Wikia:

OS: Windows XP 32bit SP 3, Windows Vista 32/64bit, Windows 7 32/64bit
Processor: Intel Core 2 Duo 2GHz or AMD Athlon X2 4000+
Memory (RAM): 2GB
Graphics: NVidia 7600GT or ATI HD 2600 Pro
DirectX®: DirectX® 9.0c or later
Hard Drive: 12GB
Sound: DirectX 9.0c or later compatible
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen