Tulis jawaban

Peringatan: topik ini belum dituliskan setidaknya 120 hari.
Kecuali Anda yakin ingin menjawabnya, harap pertimbangkan untuk memulai sebuah topik baru.
Nama:
Email:
Subyek:
Tags:

Seperate each tag by a comma
Ikon pesan:

Anti-spam: complete the task

jalan pintas: tekan alt+s untuk mengirim/menulis atau alt+p untuk meninjau


Ringkasan Topik

Ditulis oleh: Kezia09
« pada: 02 Juli 2018, 03:05:51 »

Dalam perpajakan di Indonesia (taxation in indonesia), setiap warga negera RI yang memiliki penghasilan melebihi penghasilan tidak wajib pajak (PTWP) diwajibkan untuk membayar pajak. Maka dari itu, untuk mempermudah membayar pajak, warga negara RI diwajibkan memiliki NPWP. Mengapa?

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak (WP) yang berfungsi sebagai sarana administrasi perpajakan. NPWP digunakan sebagai tanda pengenal diri ataupun Identitas Wajib Pajak (WP) dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.


Dengan memiliki NPWP akan memberikan banyak manfaat bagi warga negara indoesia. Berikut manfaat memiliki NPWP;


Sebagai Persyaratan Administrasi Dewasa ini, tak sedikit bank ataupun perusahaan yang menajdikan NPWP sebagai salah satu persyaratan administrasi. Hal ini berguna untuk mendukung informasi akan identitas warga Indonesia. Apalagi dalam urusan keuangan, memiliki NPWP menjadi hal utama.


Berikut beberapa dokumen yang membutuhkan NPWP dalam persyaratannya;


a.      Kredit Bank.
b.      Rekening Koran.
c.      Pembuatan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
d.      Administrasi Pajak Final.
e.      Pembuatan Paspor.
 
Mempermudah Urusan Perpajakan Memiliki NPWP akan berkaitan dengan kemudahan dalam pengurusan administrasi perpajakan. Begitu pun sebaliknya, tidak memiliki NPWP akan berpotensi untuk tidak dapat / diperkenankan dalam membuat dokumen – dokumen tersebut. Berikut beberapa hal dalam kemudahan yang didapatkan, bila memiliki NPWP;


a.      Mengurusi Restitusi Pajak.
b.      Pengajuan Pengurangan Pembayaran Pajak.
c.      Mengetahui Jumlah Pajak Yang Mesti Dibayarkan.
d.      Pemotongan Pajak Rendah.


Untuk wajib memiliki NPWP tidak hanya perorang, namun badan usaha perlu memiliki NPWP.


NPWP Bagi Bisnis

Untuk kalian yang ingin membuka badan usaha pun perlu untuk memiliki NPWP, agar badan usaha kalian diketahui Direktorat Perpajakan. Memiliki NPWP menandakan bahwa usaha tersebut sudah mampu memenuhi kewajiban pada negara dalam membayar pajak.
Keuntungan lain memiliki NPWP ialah menjadi pelengkap dalam administrasi untuk melakukan peminjaman bank. Hal ini merupakan syarat pendukung dalam Surat Ijin Usaha Perusahaan SIUP) atau Tanda Daftar Perusahaan (TDP).


Untuk memudahkan dalam perpajakan, dianjurakan untuk badan usaha melakukan konsultasi pajak indonesia (Indonesia Tax Consultant), agar lebih mengetahui secara detail pajak apa saja yang perlu dan tidak perlu dibayarkan. Sehingga hal tersebut, akan membantu perusahaan / badan usaha dalam urusan keuangan.
anything