RPG Fantasy Web Indonesia Forum

Enter Our Journey! => Developer Site => Topik dimulai oleh: Èxsharaèn pada 04 Januari 2008, 12:28:10

Judul: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 04 Januari 2008, 12:28:10
Ini dah risikonya kalau development terlalu lama, gamenya belum juga selesai, dah muncul editor baru ><

RPG Maker VX memang baru rilis resmi di Jepang, tapi Enterbrain baik hati merilis versi Inggrisnya bulan Februari 2008 nanti. Harganya kemungkinan USD 100. Aku sudah coba trial Jepang-nya, dan benar-benar terkesima. Apa bedanya dengan RPG Maker XP?

1. Sistem kembali ke RPG Maker 2000. Jadi, sekarang peta bisa di-loop tanpa harus scripting, tampilan pesan balik pakai face (gambar muka karakter) dan pesan muncul per huruf, menu balik juga ke RM2K, termasuk sistem battle! Aku nggak nyangka sistem battle bisa balik ke front-view, jadi semua chara nggak kelihatan, berlawanan dengan RMXP. Tampilan battle juga persis sama dengan RM2K, cuma Autobattle yang hilang (tapi aku rasa dengan scripting mudah balikinnya). Yang menyenangkan, sistem transportasi (kapal kecil-kapal besar-pesawat) balik lagi!

2. Penggambaran peta lebih fleksibel lagi, karena sekarang ada total 5 layer. Agak bingung juga sih awalnya, karena nggak ada pilihan layer, yang ada cuma 5 tileset dari A sampai E. Ternyata di situ layernya. Bayangan ditambahkan otomatis. Variasi peta jadi lebih luas.

3. Nggak tahu ini bagus apa nggak, tapi kualitas gambar peta agak turun. Gambar petanya nyaris balik ke zaman RM2K dulu. Animasi pun cuma 3 frame (RMXP 4 frame). Untungnya, kualitas gambar battle dinaikkan. Animasi juga bakal lebih halus karena sekarang permainan akan jalan pada 60 FPS (normal!).

4. Kemampuan scripting masih ada, dengan RGSS2. Versi trial nggak bisa diutak-atik, tapi dari observasi, RGSS2 jauh lebih rapi dan terstruktur. Rasanya lebih menyenangkan scripting di RMVX daripada RMXP.

5. Ada quick event creator untuk teleport, pintu, peti harta, dan penginapan. Praktis!

6. Ini benar-benar deh, ada dungeon generator! Tinggal pilih tile untuk dinding dan lantai lalu klik OK, dungeon akan dibuatkan otomatis! Tinggal diulang saja kalau nggak puas dengan hasilnya.

7. Sudah support Windows Vista. Screenshot yang ada di situs resmi Enterbrain semuanya diambil dari Vista.

Rasanya masih banyak kemampuan RMVX yang belum aku eksplorasi (maklum, trial Jepang, nggak kebaca :P), tapi secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa RMXP = RM2K dengan kemampuan scripting.

Jadi nggak sabar nunggu trial Inggris-nya keluar. Apa nanti RPG OJ bakal pindah ke RMVX yah? Kemungkinan, kalau mengingat fitur-fitur RM2K yang hilang di RMXP, tapi tunggu saja kabar berikutnya ;)
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Stash pada 04 Januari 2008, 08:40:28
Waduh, bagus tuh. Tapi kamu baru beli RMXP original kan? Apa tdk ada semacam upgrade lisensi?
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Valcrist pada 03 Pebruari 2008, 11:46:11
Loh, bukannya Exshan dulu pake PK? gw liat Database RPG OJ loe waktu lom di-encrypt soale.

Kesimpulan yang di dapat dari VX: User-friendly!! Cocok buat para n00bs yang mau bikin game tanpa harus cape2 scripting, tiling, en eventing. Cuma graphiknya itu loh... mengenaskan T.T Lagipula kudengar tilesets cuman ada 3 biji doang!!! What!!! siapapun yang bisa bikin game RPG yang bagus hanya dengan 3 tilesets = DEWA!!!!!
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 08 Pebruari 2008, 09:57:05
Dengar-dengar untuk rilis full, grafiknya jauh lebih banyak dari RMXP. Kalau rajin sih, nanti pasti ada yang edit grafik RMXP untuk RMVX. Tileset bukannya ada 5 lembar? Di trialnya aja yang dipakai cuma 4 lembar. Tapi aku bingung ma struktur gambar tileset RMVX :P

Kalau diteruskan di RMXP, aku harus nyari script untuk vehicle dan looping map, kan nggak lucu World Map ada ujungnya... ada yang mau bantu cari? No SDK yah ;)
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Valcrist pada 17 Pebruari 2008, 06:45:08
Gimana klo ini?

http://rmxpuniverse.com/forum/showthread.php?t=559
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 17 Pebruari 2008, 10:55:01
Yah kok harus daftar... itu script untuk apa? BTW bahas requestnya dipindah aja ya ke RGSS Request :)

Trial bahasa Inggrisnya kok lama yah keluarnya... mentang-mentang Februari belum habis bulannya :D
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Valcrist pada 18 Pebruari 2008, 09:30:46
Bukan Request kk. Itu script mode7 RMXP yang baru dengan fitur2 yang maknyus seperti looping map, animated autotiles, overworld sprite resize, dan masih banyak lagi. katanya lagi cari script vehicle/looping map.
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 20 Pebruari 2008, 07:36:08
Iya memang aku cari script, tapi biar nggak OoT gitu lho...
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 01 Maret 2008, 12:29:27
Nah kan benar, jadwal rilis bulan Februari ternyata diwujudkan di akhir bulan (alias kemarin) ;D

Akhirnya trial Inggris keluar juga. Harganya tetap USD 60!!! Waktunya coba-coba nih ^^
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Zalant pada 19 Pebruari 2009, 10:39:39
kk aku baru coba2 pake rpg maker vx tolong kasih tau caranya buat ilangin benda saat slesai kita ngomong.
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 19 Pebruari 2009, 10:46:13
Maksudnya ngilangin benda saat selesai ngomong? Ada item yang berkurang gitu kah setelah pembicaraan?

Kalau maksudnya begitu, harusnya lewat event bisa. Aku sudah nggak punya RMVX, jadi kira-kira padanannya gini:

- Message: "apa pesannya?" (pesannya sendiri)
- Change Item: 001-ItemA -1 (ini mengurangi item yang dikehendaki)
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: saint_eve pada 30 April 2009, 08:06:37
seharusnya sih rmvx adalah program game maker yg paling mudah dimengerti lho,,karena sangat mudah,,hahahahahha,,ya tapi wa bilang mudah soalnya dlo sempet otak-atik rpgmaker 2003 sih,,jd gag gitu kaget njalanin rmvx,,beda qlu orang baru pertama kali megang program game maker kayak gini,,apalagi buat game yg bukan dari game maker kayak gini,,tapi melalui flash ato yg llaennya,,weleh,,mblenger dah
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: jajandulu pada 10 Juni 2009, 06:41:54
EDIT:
Maaf, tapi forum ini tidak mengizinkan konten ilegal, kecuali jika Anda membantu untuk mendapatkan serial number asli atau ditulis di board Treasure Hunting.
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Kei90 pada 10 Juni 2009, 09:42:35
??? Apaan tuh, kak exshan?
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 10 Juni 2009, 10:06:31
Dia bilang kalau mau menghilangkan tulisan "Unable to get serial number from nTitles server" atau upgrade serial number, email saja. Kecuali dia bisa buktikan kalau teknik yang dia gunakan tidak ilegal, untuk sementara aku tangguhkan dulu tulisannya.
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Kei90 pada 10 Juni 2009, 10:17:34
Hooo.... kek crack-an gitu?
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 10 Juni 2009, 10:24:23
Ga tau juga, karena tadi dia bilangnya hubungi email aja. Nggak jelas :P
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: jajandulu pada 12 Juni 2009, 12:45:33
weeeeee
Yang udah abis lisensi nya gw besa bantuin tp ma duit 50.000 ja
Ntar gw ksi avtivitation code nya!!!!!
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 12 Juni 2009, 01:08:32
Sebentar, jangan buru-buru dulu. Aku punya lisensi RPG Maker XP asli, dan itu tidak pernah habis sekalipun aku instal ulang Windows. Walaupun setelah instal ulang Windows lisensinya balik trial, RMXP bisa langsung diaktivasi dengan cara yang sama seolah-olah serial number itu belum pernah digunakan sebelumnya. Mekanisme lisensi RMVX masih sama dengan RMXP.

Oke lah, andai aku tertarik:

Apa activation code yang didapat nantinya dijamin bisa dipakai berulang kali, walau setelah instal ulang Windows? Pengalamanku, di komputer yang sama, dengan spesifikasi hardware yang sama, namun dengan OS yang berbeda (karena aku dual boot), activation code yang aku pakai di XP tidak bisa dipakai di Vista, sekalipun dengan serial number yang sama. Aku tidak ingat apa activation code yang aku pakai di XP sekarang sama seperti yang dulu, karena memang tidak kucatat, tapi sepertinya beda kalau hardware-nya beda.

Aku nggak mau menuduh, tapi yang lain jika berminat lanjutkan atas risiko sendiri. Harga lisensi asli USD 60 alias sekitar IDR 600.000 ditawarkan hanya IDR 50.000?

Yang jelas, aku belum perlu RMVX ;D
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: maniaqz pada 29 November 2009, 03:52:11
kk .. aku boleh tanya gak ?
gimana sih kalo abis ngobrol ama orang lain, terus orang itu jalan lalu ngilang . kaya cut scene gitu ..
misal nya abis ngobrol ama kita dia jalan ke pintu terus dia ngilang (atau bisa di bilang seperti dia memasuki pintu itu ) . tolong bantuan nya yaa  :'(
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 29 November 2009, 08:13:07
Itu pakai event aja cukup kok. Kalau di RMXP kurang lebih kaya gini (aku nggak punya RMVX..):

1. Message: (terserah di sini teksnya apa)
2. Move event: this event (orangnya yang mau digerakkan).

Di Move event kan ada lagi setting gerakannya. Tinggal set aja arahnya (misal Left Left Left), terakhir tambahi Change graphic: (none). Ini fungsinya "menghilangkan" karakter. Memang nggak bisa fade out, tapi paling nggak cukup lah untuk membuat kesan seakan-akan karakter itu "menghilang".
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: maniaqz pada 29 November 2009, 08:42:37
thanks ya ..
nanti aku coba deh.
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: maniaqz pada 29 November 2009, 08:55:17
kk . kok orang nya nggak ilang yah ?
aku juga udah coba di xp orang nya juga tetep nggak ilang .. kenapa ya ?? :'(
malahan di VX lebih kacau lagi .. bukannya ilang tapi malah jadi nembuh kalo kita lewatin :'(
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 29 November 2009, 09:17:59
Ntar aku instal dulu, di laptop gak ada RMXP/RMVX...
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 29 November 2009, 09:46:31
Oke, ini barusan kucoba. Misal orangnya di (015, 008) dengan nama even CHARA dan pintunya di (015, 005) dengan nama even DOOR. Harusnya step-stepnya kan gini: chara move up 2x, animasi pintu terbuka, move up 1x lagi, disappear, animasi pintu tertutup.

Di evennya CHARA:
1. Text: (pesannya apa)
2. Set Move Route: This event (wait)
Move Up
Move Up
3. Set Move Route: DOOR (wait) <- ini untuk animasi pintu membuka
Turn Left
Wait: 3 frame(s)
Turn Right
Wait: 3 frame(s)
4. Set Move Route: This event (wait) <- untuk jalan naik dan menghilang. Through diset ON dulu soalnya pintu dan chara posisinya sejajar, jadi supaya chara bisa melewati pintu.
Through ON
Move Up
Graphic: (None)
Through OFF
5. Set Move Route: DOOR (wait) <- animasi menutup pintu
Turn Left
Wait: 3 frame(s)
Turn Down
Wait: 3 frame(s)

Harusnya jadi. Kalau nggak jadi, coba post di sini event-nya yang dipakai apa saja.
Judul: Re: RPG Maker VX
Ditulis oleh: maniaqz pada 30 November 2009, 03:23:33
oke .. thanks ya .. aku coba dulu deh .