Penulis Topik: Collection of Skill Build, Guide & Information  (Dibaca 10284 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Clâiré

  • Lv 4 Sedikit ahli
  • ****
  • Tulisan: 1.219
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Stay where you belong... in my memory.
  • Sistem Operasi:
  • Windows XP Windows XP
  • Peramban:
  • Firefox 9.0.1 Firefox 9.0.1
  • Bergabung sejak: 31/01/2010
    YearsYearsYearsYears
Collection of Skill Build, Guide & Information
« pada: 27 Juni 2012, 11:12:10 »
  • Publish
  • Ga sengaja nemu link  ;D
    http://forum.mmosite.com/thread/2/217/20110428/4e41ebd1bce96e813-1.html

    Personally sebagai Force User calon Chaos Mage / Majesty, ngikut buildnya dia jadi sedikit lebih mending (walaupun kehabisan SP karena coba-coba skill, jadi tunggu level 45 nanti deh baru reset lagi).
    http://forum.mmosite.com/thread/2/217/20101111/The_Ultimate_Force_User_Build_and_Gears-4dac375f362242413-1.html

    Berhubung di thread itu banyak informasi berguna buat para Chaos Mage, nanti kucoba summarize kalau sempat  :)

    credit chaose5 @mmosite.com
    Zealyte - Vice Guild Master of Nightblade, Dragon Nest SEA

    Ènn il Zealyte, Gravitum i Magia-i-ru èst.


    "Ènn vanlaâm chrono èst."

    Offline Clâiré

    • Lv 4 Sedikit ahli
    • ****
    • Tulisan: 1.219
    • Karma: 0
    • Jenis kelamin: Wanita
    • Stay where you belong... in my memory.
    • Sistem Operasi:
    • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
    • Peramban:
    • Firefox 7.0.1 Firefox 7.0.1
    • Bergabung sejak: 31/01/2010
      YearsYearsYearsYears
    Force User / Majesty Skills & Equips by Zealyte
    « Jawab #1 pada: 27 Juni 2012, 01:25:44 »
  • Publish
  • EDITED untuk T4 level 50 cap

    Majesty PVE

    Menurutku sendiri, Majesty adalah salah satu class yang cukup sulit dimainkan ;D (entah gara-gara partyku kebetulan Cleric semua apa ya jadi aku selalu kelihatan paling lemah...) Problem utamanya, orang yang pegang job ini harus pandai-pandai menghindar sambil cari celah untuk menyerang.
    Tidak seperti Elemental Lord yang merupakan damager class (walaupun memang ada support Elestra yang memberikan stack Freeze), Force User ini lebih ke arah support party (Beyond Time + Freeze).
    Kalau aku sih sarannya...
    • Utamakan selamat. Seperti Priest, kalau mati, siapa yang bisa support? Terutama di SDN, pasti butuh Beyond Time untuk mempercepat cooldown Miracle Relic / Highlander dan sejenisnya untuk menyelamatkan party. Dalam hal ini tanggung jawab yang dipikul sama beratnya dengan para Saint, karena kalau cast skill ini sembarangan, bisa dimarahi orang banyak :-X
    • Blink di saat perlu, jangan ditunda hanya untuk mendapat damage yang lebih besar. Ingat bahwa anda tidak seharusnya menerima serangan itu. Usahakan jangan memperpusing Saint anda  ;D oh ya, sering-sering Blink ke belakang untuk menjaga jarak, terutama setelah cast skill yang menyebabkan karakter kita maju seperti Triple Orb.
    • Cast Glacial Spike pada boss agar freeze, supaya damage party menjadi lebih besar. Kalau solo pun, damage diri sendiri akan dikalikan 1.5, jadi ga ada salahnya kan?
    • Force Mirror, cast kalau tidak menghalangi anggota party. Sudah sering kejadian dimarahi gara-gara relic yang kegeser...  ^^;
    • Terakhir, butuh banyak pengalaman dan latihan untuk bereaksi dengan benar di saat yang tepat, jadi jangan putus asa kalau anda selalu mati pertama saat Nest. :P

    Notable skills :

    Sorceress

    Glacial Spike. Saat musuh frozen, damage yang diterima akan dikalikan 1.5x. Cooldown cuma 6.5 detik (seingatku sih, lagi gak buka DN waktu nulis...) dan casting time-nya cepat, sehingga masih bisa untuk lari-lari  ;D Ini juga sangat membantu damage output keseluruhan party.
    Karena damage peak, dianjurkan level 11 atau 16.
    Poison Missile, level 6 saja kurasa cukup, atau kalau mau 11. Untuk PVP cukup berguna, musuh akan mengalami stagger dan tak bisa bergerak terutama kalau 3 kolam racun ini ditumpuk menjadi satu. Tentu ada caranya, yaitu putar sedikit kamera saat casting. Butuh latihan, tapi ini tidak terlalu sulit. Trik yang sama bisa digunakan pada PVE terutama kalau musuhnya kecil.
    Void Blast kuanjurkan level 6. Di level 50 (tested), damage bisa mencapai 20 ribu (dengan hanya 2.96% Dark Attack!! M. Atk-ku pun hanya sekitar 4 ribu waktu itu). Aku sempat kaget waktu tes skill ini, lha Summon Comet yang sebesar itu saja (sama level 6-nya nih), damagenya cuma sekitar 27 ribu (dalam keadaan tidak critical).
    Shockwave. Level 1 saja cukup kalau niatannya perfect build. Penggunaannya terutama saat dikerumuni monster, kalau tidak punya Timestop dan belum belajar Switch Gravity (susahnya Zealyte ini nih dulu...  ^^;), dipakai untuk mendorong monster ke sekitar, kemudian bisa langsung diikuti Spectrum Shower.

    Force User

    Majesty Tree :
    Gravity Blast
    Level 11 di level 50 kurasa cukup, kecuali anda sering spam Beyond Time. Untuk efek maksimal, ledakkan di kaki monster.
    Triple Orb
    Total 3 bola, per bola akan deal damage sebanyak 6x sebelum kemudian meledak. Untuk boss Nest yang ukurannya memang besar-besar, sangat berguna  :D Usahakan semua bola ada di dalam tubuh monster kalau bisa, atau paling tidak ke arah ia bergerak.
    Black Hole
    Pada level 4 (langsung kunaikkan ke level 4 begitu update T4 jadi aku tak bisa memastikan) akan menjadi lebih besar dan kekuatannya untuk menyedot juga bertambah. Berguna untuk dungeon, tapi untuk Nest... termasuk lemah dan jarang digunakan karena castingnya yang lama.
    Summon Comet
    Sampai sekarang masih termasuk 1 hit damager skill terbesar Force User. Castingnya agak lama, jadi usahakan sekitar kalian aman atau tidak sedang diaggro (kecuali musuh masih jauh).
    Gravity Ascension
    Selain SA break (Ingat-ingat pelukan Bulran...), skill ini juga cepat untuk menghancurkan dinding, batu dan pilar (Apocalypse Nest bagian Ogre, sementara. SDN katanya juga ada), dan menjatuhkan boss-boss tertentu. Bisa dicancel di tengah-tengah dengan Blink.
    Sejauh ini yang terpengaruh skill ini :
    Cerberus Nest - all. Perlu diperhatikan bahwa di Hell Mode, Cerberus tidak akan jatuh.
    Manticore Nest - Gargoyle, Minotaur, Golem.
    Apocalypse Nest - Darkhaze, Reaper & Eye (susah kalau lagi invisible), Ogre (perlu verifikasi lebih lanjut), Skeletal Minotaur.
    Untuk boss Lotus Marsh, hanya Punisher Bras yang tidak terpengaruh karena Iron Skin-nya.
    Archbishop Nest - tidak disarankan. Banyak trap di sini yang bisa berakibat fatal kalau tidak cepat-cepat dicancel.
    Pada dungeon biasa, pastikan tidak ada musuh di belakang / samping sebelum cast skill ini, karena skill ini hanya mengamankan sisi depan.

    [Ultimate] Meteor Storm
    Memang orang-orang menganjurkan ultimate Eraser yang menambah perlindungan dari damage (-75%) dan MS ini kebetulan tidak bisa dicancel sehingga akan repot kalau waktu cast kena cakar Manticore dsb ( Note : Deskripsi DN SEA mengatakan bahwa anda tidak akan terkena damage, namun sudah dicoba dan dibuktikan bahwa saat casting ini anda akan terkena full damage), tapi skill ini damagenya cukup besar, 1899% MATK + 19 ribu, dan rupanya ada cara untuk mengakali cancel skill ini dengan /escape.
    SA karakter akan meningkat sehingga jarang kemungkinan tercancel, tapi aku sendiri belum coba kalau dilawan Gravity Ascension-nya Manticore...
    Area cukup besar, sehingga sebaiknya digunakan dalam area yang dirasa terlalu ramai mob. Jangan digunakan di boss saat solo! Bisa fatal kalau HP belum cukup untuk menahan semua serangannya ^^;
    Lebih enak kalau kebetulan ada Miracle Relic, pastikan untuk cast skill ini di dalamnya.

    Note : Semua skill di atas kecuali Ultimate akan mendapat EX, sehingga sebaiknya dinaikkan sampai level 6, kecuali memang tidak ingin belajar EX-nya.

    Skill lainnya :
    Linear Ray
    Untuk yang akan ke arah Smasher, skill ini menggantikan Gravity Blast dalam hal damage. Sayangnya charging Linear Ray EX katanya sangat lama, walaupun aku belum pernah lihat ^^; Majesty cukup ambil untuk persyaratan, sama halnya dengan 9 Tail Laser.
    Force Mirror
    Memberikan debuff pada seluruh monster di area termasuk boss yang akan menambah beberapa puluh % dari magic damage yang diterima, tergantung level. Untuk party yang seluruhnya mengandalkan M.Atk, wajib max.
    Efek dari Mirror FU lain tidak stack.
    Penggunaan lain :
    Block Hug of Death-nya Bulran's Fanaticism di Apocalypse Nest, taruh saja di depan / dalamnya. Bola listrik juga bisa diblok dengan mirror ini.
    Manticore Normal / Hell Mode : Block tornado. Belum pernah kucoba sendiri sih...
    Oh ya, serangan Lamia sekarang sudah tidak bisa diblok pakai ini.
    Apocalypse Nest : block spinning attack-nya Judge Apocalypse. Harus diverifikasi juga...
    Note :
    Hati-hati saat party dengan Priest karena akan menggeser relic mereka. Skill ini juga sebaiknya tidak digunakan dekat-dekat Sword Master karena bisa menghalangi gerakan.
    9 Tail Laser
    Menembakkan 9 laser ke arah musuh. Mengarahkannya agak susah, tapi damagenya cukup besar. Jika ingin, bisa disebar dengan cara memutar kamera waktu cast.
    Spectrum Shower
    Untuk dungeon, combo dengan Shockwave / Time Stop / Switch Gravity. Tidak disarankan di Nest karena waktu castingnya yang lama.
    [Ultimate]Eraser
    Pengurangan damage sebesar -75% membuat skill ini layak diambil bahkan untuk Majesty. Dan damagenya bahkan lebih besar dari Meteor Storm!
    Disarankan untuk tidak cast skill ini saat diaggro karena sangat mudah dibatalkan oleh serangan musuh.

    Teleport
    Manfaatkan sebaik mungkin invincibility frame! Sebagai contoh saja, serangan racun maju di Archbishop bisa dihindari hanya dengan teleport menembusnya. Ini juga penting untuk keluar-masuk area pertempuran, walaupun memang perlu latihan, tapi seorang Force User harus pandai memperhatikan kapan ia harus masuk dan kapan ia harus keluar.

    Time Stop
    Musuh akan berhenti total selama beberapa detik.
    Combo dengan Spectrum Shower kalau kebetulan diambil ;) atau untuk Smasher, combonya adalah Time Stop - Spectrum Shower - Laser Cutter.

    Beyond Time
    Skill ini menurunkan cooldown sebanyak 80% (kecuali skill ini sendiri). Skill support utama yang dimiliki Force User.
    Efek Beyond Time Force User lain tidak stack dan Beyond Time Force User lain tidak bisa dipakai menurunkan cooldown Beyond Time kita sendiri.
    Level 1 - 9s
    Level 2 - 12s
    Level 3 - 15s
    Bisa menentukan hidup-mati party dan kecepatan membunuh musuh, disarankan max.
    Untuk level 50, bisa dinaikkan sampai level 2 kemudian pakai skill ring.
    Saranku, gunakan setelah semua anggota party mengeluarkan skill ultimate, kemudian langsung spam Glacial Spike dan skill yang memiliki casting dan cooldown time cepat dengan damage yang cukup besar.
    Pastikan seluruh anggota party kena! Ngomel-ngomel nanti kalau ga ^^; atau kalau memang lagi berjauhan, sepakati makro kalau akan BT supaya semuanya mendekat, baru cast. Bisa F2 (It's time to party!) atau F3. Aku pribadi sih F2, time to party with skill spamming kan :D
    Untuk Archbishop Nest, karena penggunaan ultimate terlalu buang-buang waktu saat di atas (Eraser dan Meteor Storm animasinya lama), langsung saja cast skill ini begitu SELURUH anggota party sampai di atas punggung golem.

    Majesty

    Steal Magic
    Salah satu skill yang paling sulit dan paling jarang digunakan di PVE (siapa sih yang sempat lihat monsternya lagi pakai buff atau tidak?), namun untuk PVP skill ini termasuk berguna. Lumayan kan bisa lari-lari pakai Divine Avatar walaupun cuma 10 detik? ;D
    Anyway, harus diambil untuk persyaratan Switch Gravity.
    Note : Buff yang diambil akan diurutkan berdasarkan prioritas dari skill tree terbawah.
    Gravity Ball EX
    Gravity Blast (ini sepertinya yang betul memang Ball...) akan meledak tiga kali, dengan ledakan kedua memiliki damage terbesar.
    Overall damage + 40%.
    Pada keadaan Beyond Time, spam Glacial Spike + skill ini akan menghasilkan damage yang...  :clap: coba saja sendiri deh  ;D
    Switch Gravity
    Seperti yang sudah kusebut di atas... Damage skill ini besar, 3 hit total dengan 20 ribu damage per hit (tidak critical dan M.Atk sekali lagi cuma sekitar 3-4 ribu).
    Bagi yang tidak punya Time Stop, bisa menggunakan skill ini sebelum Spectrum Shower.



    Cara mudah mendapat heraldry Teleport & Gravity Ball Epic : Dengan 800 Fragment of Dimensional Gem, beli saja Heraldry skill plate untuk Force User yang di bawah level 16. Skill di bawah level 16 cuma ada 3 yaitu Teleport, Gravity Ball, dan Linear Ray, sehingga ada 66.67% kemungkinan mendapatkan kedua skill ini.

    Armor yang dianjurkan : 1 INT 4 HP / 2 INT 3 HP.
    Set : Tergantung kebutuhan.

    Heraldry yang dianjurkan :
    Life Vitality (HP), Health (VIT), Wise (INT), Magician's (M.ATK), Tent of (M.DEF), Shining (DEF), Fatal (Critical), 1 lagi terserah (dianjurkan opsi ketiga Critical / M.ATK / HP).
    Zealyte sendiri pakai Energy.
    « Edit Terakhir: 05 November 2012, 05:44:57 oleh Clâiré »
    Zealyte - Vice Guild Master of Nightblade, Dragon Nest SEA

    Ènn il Zealyte, Gravitum i Magia-i-ru èst.


    "Ènn vanlaâm chrono èst."

    Offline Clâiré

    • Lv 4 Sedikit ahli
    • ****
    • Tulisan: 1.219
    • Karma: 0
    • Jenis kelamin: Wanita
    • Stay where you belong... in my memory.
    • Sistem Operasi:
    • Windows XP Windows XP
    • Peramban:
    • Firefox 9.0.1 Firefox 9.0.1
    • Bergabung sejak: 31/01/2010
      YearsYearsYearsYears
    Zealyte's Force User / Majesty T4 (Dragon Nest SEA) PVE Build
    « Jawab #2 pada: 29 Agustus 2012, 04:33:49 »
  • Publish
  • Berhubung T4 baru diimplemen kemarin, ini skill build terbaruku  ;D
    Pertimbanganku adalah bahwa damage skill peak kebanyakan adalah pada level 6/11/16/21 dst, dan menurutku variasi skill adalah kunci untuk survive. Dan build ini sama sekali tidak perlu skill reset.
    Fokus pada skill dark elemental yang bisa di-boost dengan dark attack %.


    Level 40 build.
    Di T4, skill ultimate hanya bisa diambil kalau 45 SP terpakai di Sorceress skill tree. Build ini lebih fokus untuk mengambil ultimate skill di level 40 sehingga leveling ke level 50 tidak begitu sulit, apalagi di DN SEA yang kebanyakan pemain level 40 sudah belajar skill ultimate.

    Untuk 117 SP yang diberikan pada level 40, kubagi jadi :

    Sorceress
    Glacial Spike lv. 11 - Freeze chance.
    Poison Missile lv. 8 - SP constraint, dan damage cukup besar.
    Blink lv. 4 - Max u/ level 40.
    Escape lv. 3
    Void Blast lv. 6 - Dark elemental, dan dianjurkan untuk memenuhi kuota 45 SP.
    Shockwave lv. 2 - Aku sendiri cukup sering memakai skill ini untuk mendorong monster, dan damagenya lumayan. Kenapa level 2? Untuk memenuhi 45 SP yang diperlukan untuk belajar skill ultimate.
    Aerial Evasion lv. 1
    Physical Mastery lv. 3 - Max u/ level 40.
    Mental Mastery lv. 1
    Mind Conquer lv. 2
    --45 SP

    Force User
    Gravity Blast lv. 9 - OTW ke level 11untuk Gravity Blast EX.
    Triple Orb lv. 9 - OTW ke level 11 untuk Triple Orb EX yang katanya akan ada pada level 60/60+. Bahkan kalau rumor ini salah pun, Triple Orb merupakan skill dengan salah satu DPS terbesar milik Force User.
    Black Hole lv. 4 - Aku tidak tes apakah memang jadi lebih besar pada level 4 atau tidak pada T4, sayangnya ini tidak bisa dilakukan...
    Summon Comet lv. 5 - Damage, OTW ke level 6.
    Gravity Ascension lv. 3 - Disabling, OTW ke level 6.
    Meteor Storm lv. 1 - Syarat perubahan job menjadi Majesty.

    Teleport lv. 1 - Tidak perlu sebegitu sering kan? Tambah Heraldry Teleport dengan cooldown -20% kalau dirasa perlu.
    Gravity Sphere lv. 1 - Jujur saja, skill ini dan Void Wave sudah jadi kebiasaan saat Blink sehingga sangat tidak enak kalau tiba-tiba dihilangkan...
    Beyond Time lv. 1 - Zealyte pakai ring Beyond Time sehingga jadi level 2, max untuk level 40.
    Void Wave lv. 1 - Lihat Gravity Sphere.

    Linear Ray lv. 1
    Force Shield lv. 1
    Nine Tail Laser lv. 1
    Force Mirror lv. 1 - +15% Magic damage.
    Hanya untuk membuka Force Mirror.
    --67SP

    Masih tersisa 5SP yang bisa dipakai untuk belajar Spectrum Shower sampai level 3...



    Level 50 Build
    Build ini masih dalam taraf perencanaan, karena Zealyte masih level 41, namun sudah pasti akan kupakai.
    Pada level 50, SP total yang akan didapat adalah 147, dengan max SP yang bisa dipakai untuk masing-masing job : (Sorceress)91/(Force User)94/(Majesty)91.


    Sorceress
    Glacial Spike lv. 11
    Poison Missile lv. 8
    Blink lv. 5 (naik 1 level)
    Escape lv. 3
    Void Blast lv. 6
    Shockwave lv. 2
    Aerial Evasion lv. 1
    Physical Mastery lv. 4 (naik 1 level)
    Mental Mastery lv. 1
    Mind Conquer lv. 2
    --47 SP

    Force User
    Gravity Blast lv. 11 (naik 2 level) - Damage peak, syarat Gravity Blast EX.
    Triple Orb lv. 11 (naik 2 level) - Damage peak juga...
    Black Hole lv. 4 - SP constraint, kuputuskan lebih baik leveling Ascension.
    Summon Comet lv. 6 (naik 1 level) - Damage peak.
    Gravity Ascension lv. 6 (naik 3 level) - bisakah pada level 50? Kita lihat nanti...
    Meteor Storm lv. 1

    Teleport lv. 1
    Gravity Sphere lv. 1
    Beyond Time lv. 1
    Void Wave lv. 1

    Linear Ray lv. 1
    Force Shield lv. 1
    Nine Tail Laser lv. 1
    Force Mirror lv. 4 (naik 3 level) - +30% magic damage.
    Spectrum Shower lv. 6 (Baru) - Damage peak, dan skill ini ternyata damagenya cukup besar...
    Eraser lv. 1 (Baru) - Yup, dual ultimate. Damage / Magic damage reduction 75% termasuk sangat berguna  ;D
    --89SP

    Majesty
    Steal Magic lv. 1 - Mencuri buff dari target. Durasi buff = durasi skill, bukan durasi asli dari buff yang diambil.
    Gravity Switch lv. 1 - Damage kurang lebih setara Spectrum Shower, kalau Dark Attack besar akan lebih baik.
    Gravity Blast EX lv. 1 - +40% damage ke Gravity Blast  ;D
    --9SP

    Total 144 SP (3 SP tersisa).



    Level 60 Build
    Build ini masih dalam taraf perencanaan karena level 60 cap belum implement...
    Note : SP yang diberikan pada level 51-60 hanya 2SP per level.

    Build 1 -- Asumsi tidak ada skill baru pada level 60, SP sisa dialokasikan pada skill Force User. Memberikan tambahan pada crowd control walaupun di Nest tidak terlalu berguna.

    Sorceress
    Glacial Spike lv. 11
    Poison Missile lv. 8
    Blink lv. 5
    Escape lv. 3
    Void Blast lv. 6
    Shockwave lv. 2
    Aerial Evasion lv. 1
    Physical Mastery lv. 5 (naik 1 level)
    Mental Mastery lv. 1
    Mind Conquer lv. 2
    --48 SP

    Force User
    Gravity Blast lv. 11
    Triple Orb lv. 11
    Black Hole lv. 6
    Summon Comet lv. 6
    Gravity Ascension lv. 6
    Meteor Storm lv. 1

    Teleport lv. 1
    Gravity Sphere lv. 1
    Beyond Time lv. 3 (naik 2 level)
    Time Stop lv. 1 (Baru)
    Gravity Trap lv. 1 (Baru)
    Void Wave lv. 1

    Linear Ray lv. 1
    Force Shield lv. 1
    Nine Tail Laser lv. 6 (naik 5 level)
    Force Mirror lv. 4
    Spectrum Shower lv. 6
    Eraser lv. 2 (naik 1 level)
    --105SP

    Steal Magic lv. 1
    Gravity Switch lv. 4 (Naikkan HANYA jika dirasa perlu.)
    Gravity Ball EX lv. 1
    --12SP

    SP terpakai : 165, 2 SP tersisa.

    Build 2 - Menyisakan 9 SP yang cukup untuk belajar 3 skill baru jika ada.
    Perlu diperhatikan bahwa build ini menghilangkan 1 skill crowd control (Gravity Trap atau Time Stop), Black Hole menjadi lebih lemah, dan harus memakai skill accessory.

    Sorceress
    Glacial Spike lv. 11
    Poison Missile lv. 8
    Blink lv. 5
    Escape lv. 3
    Void Blast lv. 6
    Shockwave lv. 2
    Aerial Evasion lv. 1
    Physical Mastery lv. 5 (naik 1 level)
    Mental Mastery lv. 1
    Mind Conquer lv. 2
    --48 SP

    Force User
    Gravity Blast lv. 11
    Triple Orb lv. 11
    Black Hole lv. 4
    Summon Comet lv. 6
    Gravity Ascension lv. 6
    Meteor Storm lv. 1

    Teleport lv. 1
    Gravity Sphere lv. 1
    Beyond Time lv. 3
    Time Stop lv. 1 ATAU Gravity Trap lv. 1 (Baru)
    Void Wave lv. 1

    Linear Ray lv. 1
    Force Shield lv. 1
    Nine Tail Laser lv. 6
    Force Mirror lv. 4
    Spectrum Shower lv. 6
    Eraser lv. 2
    --100SP

    Majesty
    Steal Magic lv. 1
    Gravity Switch lv. 1
    Gravity Ball EX lv. 1
    --9SP

    9SP disisakan untuk skill baru yang mungkin dibuka. 12SP jika Gravity Switch tidak dinaikkan.

    Perhitungan SP :
    Level     50 > 60
    ----------------------
    Sorceress 47 > 48 ATAU 48 /104
    FU            88 > 105 ATAU 100 /107
    Majesty      9 > 9 ATAU 9 /104

    SP terpakai : 157
    Sisa 10 SP.
    « Edit Terakhir: 05 November 2012, 02:11:23 oleh Clâiré »
    Zealyte - Vice Guild Master of Nightblade, Dragon Nest SEA

    Ènn il Zealyte, Gravitum i Magia-i-ru èst.


    "Ènn vanlaâm chrono èst."

    Offline Èxsharaèn

    • Pölisia mar Ranch-i-ru
    • Administrator
    • Lv 8 Petualang
    • ************
    • Tulisan: 5.564
    • Karma: 8
    • Jenis kelamin: Pria
    • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
    • Sistem Operasi:
    • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
    • Peramban:
    • Chrome 22.0.1229.94 Chrome 22.0.1229.94
    • Bergabung sejak: 14/10/2006
      YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
      • RPG Fantasy Web Indonesia
    MattPark (Saint) current PvE build
    « Jawab #3 pada: 05 November 2012, 02:01:11 »
  • Publish
  • UPDATE
    Diperbarui buat cap level 60 dan keadaan sekarang.

    Sebenarnya aku rada anti ngikuti build sih, karena jadinya seakan-akan "wajib" ikut seperti itu. Salah satu indahnya dunia, termasuk di MMORPG, adalah keberagaman karakter ;D contohnya, ada satu orang di guild yang benar-benar kacau (nggak hanya build, tapi cara main juga kacau). Memang gemas sih kadang-kadang, tapi ga tau kenapa ada dorongan untuk "membenarkan" orang itu :)

    Nah, ini build-ku yang selama ini kupakai, tidak mengikuti build yang beredar di Internet, tapi masih tetap mengambil garis besarnya. Detail lengkap tentang skill dll. menyusul, lagi ga daring di sana :D

    Saint PvE

    Berhubung kelas ini supporter, saran umumku sih:
    • Tinggikan VIT dan INT. VIT ini menaikkan Max HP (30 HP untuk 1 VIT) serta Defense. INT sendiri menaikkan Magic Attack, Magic Defense, dan MP. Mungkin berlawanan dengan pendapat orang-orang yang menyatakan, Saint ga perlu HP banyak-banyak karena bukan tanker. Kalau aku sih pegang prinsip, semakin tinggi HP dan Def, semakin kecil kemungkinan untuk tewas, yang selanjutnya berarti semakin lama kita bisa mendukung kelompok. MattPark sekarang punya 350k+ HP dan 240k+ MP (memang MP-nya kebanyakan, tapi ini efek dari INT). Gimana mau mendukung kalau tewas duluan? :)
      Mungkin ada yang tanya, kenapa INT? Kita kan supporter bukan damager, untuk apa naikin Magic Attack? Nah, ini juga pikiranku dulu, sebelum aku menyadari satu kesalahan besar di balik pemikiran itu: Healing Relic dan Holy Shield bergantung pada Magic Attack. Saint dicari karena dua skill ini di samping Heal biasa. Semakin tinggi Magic Attack, semakin tinggi pula jumlah HP yang bisa dikembalikan.
    • Naikkan skill buff hingga maksimal sebelum menaikkan skill lainnya. Kita ini pendukung bukan penyerang :) lihat bagian Skill esensial untuk prioritas skill yang perlu dinaikkan.
    • Perhatikan status kelompok (HP bar dan buff bar). Ini yang paling penting dan diharapkan dari Saint, karena hanya kita yang bisa menyembuhkan paling maksimal. Aku tahu memang dorongan untuk mengalahkan musuh itu besar sekali (kadang-kadang aku ya terbawa nafsu itu), tapi bukan itu prioritas kita. Saint yang baik adalah Saint yang bisa menjaga teman-temannya tetap hidup selama mungkin.
    • Pandai-pandai menentukan kapan harus merapal Heal, memanggil Healing Relic, atau menggunakan Holy Shield. Ini perlu latihan dan tiap orang mungkin tidak sama. Kalau aku, Heal dirapal ketika HP bar seseorang kira-kira berkurang seperempat, Healing Relic ketika separuh HP bar (karena nominal total HP yang dikembalikan lebih banyak), dan Holy Shield ketika mob terlalu banyak, kemungkinan terserang sangat besar, dan HP sudah berkurang sepertiga. Khusus Healing Relic dan Holy Shield, pastikan Striking di diri sendiri masih aktif. Untuk semua skill, pastikan Aura Restoration sudah aktif di semua orang yang membutuhkan, baru lakukan penyembuhan.
      Untuk mempermudah, bisa janjian dengan kelompoknya terlebih dahulu kapan skill ini akan digunakan. Kelompokku sendiri menggunakan konvensi F1 jika mereka butuh heal (aku sendiri F1 untuk menandai lokasiku supaya yang lain mendekat). Beberapa konvensi menggunakan F3, tapi menurutku itu lebih cocok digunakan untuk menyuruh kelompok pergi ke tempat yang ditunjuk.

    Skill esensial

    Diurutkan berdasarkan prioritas.
    • Semua buff: Protection Shell, Striking, Blessing of Light (yang terakhir disarankan karena ada beberapa monster dan boss yang memiliki serangan Light), Aura Restoration (begitu terbuka, langsung ambil karena biayanya 0 SP).
    • Semua heal skill: Heal, Healing Relic. Holy Shield wajib ambil (kuasumsi pasti diambil).
    • Miracle Relic. Yang satu ini sudah tidak perlu ditanya lagi karena dia adalah syarat untuk bisa mempelajari skill Saint.
    • Cure Relic. Berlawanan dengan keyakinan bahwa relic ini agak nggak berguna, di T4 kemampuannya ditingkatkan dengan buff yang berdurasi lebih lama (18 detik). Selain itu, debuff juga akan dihilangkan. Tidak perlu dimaksimalkan, namun relic ini bisa mendukung teman-teman pengguna Light alias cleric lainnya (terutama Inquisitor dan Crusader).
    • Lightning Relic. Ya, aku tahu ini agak aneh karena Saint seharusnya tidak terlalu fokus di damage skill, tapi jika digunakan dengan benar, ini bisa menyelamatkan kelompok. Karena relic dianggap karakter sendiri, ia bisa diaggro jika damage-nya besar. Bisa digunakan untuk mengalihkan sementara perhatian mob untuk melindungi karakter yang lemah. Selain itu, ia juga salah satu relic yang mendapat skill EX, memperluas area serangan. MattPark punya skill ini di Lv 12 (max untul level cap 50).

    Plate

    Untuk skill:
    Bebas sebenarnya, tapi usahakan semuanya Epic dan prioritaskan ke buff. MattPark sekarang ini pakai plate untuk Cure Relic (cooldown, digunakan untuk mendukung Crusader), Healing Relic (cooldown, cukup ngefek karena berkurang dari 60 detik menjadi 48 detik), Miracle Relic (cooldown, wajib!!!), dan Lightning Relic (cooldown).
    Lho kok Lightning Relic? Ya, ini berlawanan dengan saran orang-orang kebanyakan yang mengatakan Heal saja. Karena strategiku tadi, kuputuskan untuk memasang Lightning Relic agar bisa sering dipanggil (8 detik sekali, 1,6 detik sekali jika terkena Beyond Time).

    Combo

    • Sebelum berpapasan dengan musuh, perhatikan status kelompok. Perbarui Protection Shell, Striking (Blessing of Light jika perlu) dalam urutan seperti itu.
    • Untuk mengatasi mob, ada beberapa combo yang bisa dilakukan, diakhiri dengan Holy Burst:
      Gunakan Grand Cross, maju seiring dengan pergerakan salib hingga berakhir.
      Gunakan Holy Bolt atau Binding Relic, segera maju ke tengah mob.
    • Begitu pertempuran dimulai, perkirakan arah gerak kelompok, lalu panggil Cure Relic. Kita tidak pernah tahu kapan seseorang terkena debuff, jadi sedia payung sebelum hujan.
    • Jika kebetulan ada Force User yang memiliki Beyond Time, untuk sementara beralih ke mode menyerang. Panggil Lightning Relic sebanyak mungkin (usahakan melingkari target sehingga terperangkap), dan amati waktu BT. Begitu habis, gunakan Shock of Relic. Biasanya, total Lightning Relic yang terpanggil (asumsi CD 1,6 detik dan BT level maksimum) ada 8 buah. Pada beberapa boss, ini efeknya mematikan (bisa mengurangi hingga setengah bar HP). Jika sempat, pada dua detik terakhir tambahkan Striking dan Blessing of Light agar kekuatan relic meningkat.
      Strategi lain, panggil Lightning Relic sebanyak mungkin, saat waktu BT tinggal separuh, gunakan Shock of Relic, ulangi. Jumlah Lightning Relic yang terpanggil dengan cara ini memang berkurang (sekitar 1 atau 2, berhubung action time Shock of Relic lumayan lama), tapi total damage bisa lebih besar.
    • Kalau kebetulan punya Heavenly Judgment, usahakan Holy Shield sudah aktif terlebih dahulu sebelum menggunakan ultimate skill yang satu ini.

    Current build

    Ini build terbaru untuk Lv.60 cap, tapi sudah kusiapkan untuk Lv.70 cap. Yang perlu diingat, level 51-60 kita hanya dapat 2 SP/level, jadi jujur aja sih aku masih kekurangan SP untuk build ini.

    (click to show/hide)

    (click to show/hide)

    (click to show/hide)
    « Edit Terakhir: 07 Januari 2014, 12:35:38 oleh Èxsharaèn »
    Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
    ~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

    Profiles
    WAYN http://Exsharaen.wayn.com
    About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen


    Offline Stash

    • The Sentinel of Volcano
    • Kru RPGFWID
    • Lv 7 Ahli
    • ******
    • Tulisan: 3.137
    • Karma: 0
    • Jenis kelamin: Pria
    • Journey Never Ending
    • Bergabung sejak: 14/10/2006
      YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
      • Catatan Stefano
    Re: Collection of Skill Build, Guide & Information
    « Jawab #4 pada: 06 November 2012, 03:49:51 »
  • Publish
  • Aku ada ikut build dari internet sih (entah siapa orangnya :D). Ntar aku attached diagram yg dia post, untuk physical gladiator sampai level 40. Buat aku sih mau ikut build yang mana aja sama, mau main bebas ya bisa, yang penting mainnn :D

    Twitter ID : stefano1003
    Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
    Google+ : stefano.ariestasia
    Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

    Offline Clâiré

    • Lv 4 Sedikit ahli
    • ****
    • Tulisan: 1.219
    • Karma: 0
    • Jenis kelamin: Wanita
    • Stay where you belong... in my memory.
    • Sistem Operasi:
    • Windows XP Windows XP
    • Peramban:
    • Firefox 9.0.1 Firefox 9.0.1
    • Bergabung sejak: 31/01/2010
      YearsYearsYearsYears
    Begitu ganti job nanti kuupdate untuk Sniper~

    Physical Bow Master PVE

    Banyak yang bilang Bow Master jenis ini class terlemah di DN. Defense/Magic Defense rendah, tidak banyak skill yang punya Invincibility Frame, SA kecil... Bahkan ada lagi yang bilang kalau Bow Master memilih jalan Sniper, itu sama dengan melumpuhkan diri sendiri.
    Memang, dibandingkan Artillery yang terlihat imbalance, dari sisi skill ia kalah jauh. Sebut saja Tracking Arrow yang sangat ditakuti di PVP dan berguna sekali di PVE (enak kan skill bisa cari target sendiri?). Belum lagi Magical Breeze.
    Tapi dari pengalamanku, semua class ada kelebihannya sendiri ;)

    Hal-hal umum yang perlu diperhatikan :
    • Sebisa mungkin naikkan AGI. Kalau kebetulan punya armor Epic, cari hidden potential STR/AGI/Max. HP karena STR juga menambah physical attack. Untuk weapon, usahakan dua-duanya, atau paling tidak salah satu, punya potential Critical 17.00%.
    • Untuk accessory : Wind Necklace / Earring, Fatal Ring.
    • Pada level 50, diharapkan critical mencapai 17 ribu.
    • Perhatikan kapan harus pakai Wise of the Owl, karena menambah critical rate sebesar 50%, ini hampir sama dengan Beyond Time milik Force User. Untuk kerja sama dengan party, sebaiknya begitu skill ini digunakan segera cast skill-skill serangan yang jumlah hitnya banyak (contoh Arrow Shower/Aerial Chain Shot milik Bow Master sendiri, atau Poison Missile milik Force User), atau skill yang 1-hit dan casting timenya cepat tapi memiliki damage yang besar.

    Skills

    Buildku sendiri untuk sementara hanya mengambil skill yang menggunakan Physical Attack dan semua buff (kecuali Bull's Eye, karena pasangan duet Lunevielle adalah seorang Inquisitor yang setahuku skillnya tidak dihitung sebagai ranged, CMIIW). Saranku sih, untuk build, sesuaikan sendiri dengan kebutuhan :)
    Catatan untuk skill :

    • Twin Shot. Dengan cooldown yang hanya 4 detik, skill ini akan sangat sering digunakan. Dianjurkan max, atau paling tidak level 11/16.
    • Multi Shot. Cukup level 1, digunakan jika terdesak musuh dari depan.
    • Tumble. Skill utama untuk menghindar, wajib max.
    • Pin Wheel. Diambil untuk pertahanan saat terjatuh dan dikerumuni mob.


    • Charged Shot. Usahakan pakai heraldry Action Speed -50% untuk mengurangi 'lemot'nya skill ini. Aku sendiri sarankan level 11 atau 16.
    • Aerial Chain Shot. Bisa ditaruh di hotkey, bisa tidak (cukup loncat dan klik kiri di atas untuk menggunakan). Lunevielle sendiri ambil level 11.
    • Siege Stance. Hati-hati jika sedang diaggro boss (kalau tidak sedang diaggro pun, skill ini bisa menyebabkan aggro karena damagenya yang cukup besar. Bagus untuk clear mob (kamera bisa diputar-putar saat menggunakan skill ini). Untuk membatalkan stancenya cukup dengan melakukan Jump.
    • Arrow Shower. Cukup sulit untuk mendapatkan damage maksimum. Hafalkan jarak antara karakter dengan monster, kalau mau bisa  coba latihan dengan teman sebagai penandanya. Panah harus jatuh tepat di atas mereka untuk mendapatkan damage terbesar (damage akan dikurangi menjadi hanya 10% (TBC - to be confirmed) pada kasus tertentu, misal boss maju ke depan karakter kita dan ia terkena panah yang baru lepas dari busur.)
    • [Ultimate] Arrow Barrage

    Skill-skill lain akan ditambahkan nanti. (DN lagi maintenance nih ^^;)

    Heraldry

    Untuk heraldry, yang diutamakan adalah Fatal (Critical), Wind (AGI), Destruction (Atk), Life Vitality (HP), Health (VIT), Shining (DEF), Tent of (M.DEF).
    Untuk 1 slot terakhir, PVP Bow Master bisa memilih Critical Resist. Lunevielle sendiri sementara tidak ada Energy, pakai ini ^^;

    Untuk skill, yang 'wajib' untuk Sniper cuma Charged Shot. Sesuaikan sendiri dengan gaya bertarung kalian ya :)
    « Edit Terakhir: 06 November 2012, 05:14:09 oleh Clâiré »
    Zealyte - Vice Guild Master of Nightblade, Dragon Nest SEA

    Ènn il Zealyte, Gravitum i Magia-i-ru èst.


    "Ènn vanlaâm chrono èst."

    Offline Èxsharaèn

    • Pölisia mar Ranch-i-ru
    • Administrator
    • Lv 8 Petualang
    • ************
    • Tulisan: 5.564
    • Karma: 8
    • Jenis kelamin: Pria
    • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
    • Sistem Operasi:
    • Windows 8/Server 2012 Windows 8/Server 2012
    • Peramban:
    • Chrome 24.0.1312.52 Chrome 24.0.1312.52
    • Bergabung sejak: 14/10/2006
      YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
      • RPG Fantasy Web Indonesia
    Exsharaen (Gladiator) current PvE build
    « Jawab #6 pada: 24 Januari 2013, 02:50:38 »
  • Publish
  • Char ini Gladiator pecinta damai karena ga pernah PvP sekalipun :D di kelompoknya, char ini berperan sebagai damager kedua (satunya Artillery).

    Gladiator PvE

    Saran umum:
    • Berhubung skill Gladiator semuanya physical, naikkan STR setinggi-tingginya. Berikutnya, naikkan Critical sebisanya. Setelah itu, silakan naikkan stat yang diinginkan, bisa AGI (menambah sedikit Attack dan Critical), INT (kalau MP atau Magic Defense dirasa kurang), atau VIT (aku sekarang fokus ke sana, supaya bisa bertahan lebih lama).
    • Dengan dibukanya mode Combo Practice di Colloseum, coba latihan di situ. Skill Gladiator (secara umum, Sword Master) butuh kecepatan tangan dan menggerakkan kamera (mouse). Kalau kesulitan, tinggikan mouse sensitivity (bisa melalui menu atau menggunakan mouse yang DPI-nya tinggi). Sangat tidak disarankan memainkan kelas ini menggunakan joystick :D

    Skill esensial

    Daftar ini tidak urut sesuai prioritas, tergantung style bermain. Skill Gladiator wajib diambil yah :)
    • Circle Break. Cocok untuk mengatasi mob. Maksimalkan jika bisa.
    • Eclipse. Jika sedang dikerumuni, skill ini bisa menyapu habis musuh. Sesekali juga menyebabkan debuff.
    • Line Drive. Setelah update 450.mark skill ini jadi lebih dahsyat, jadi maksimalkan sebisanya.
    • Front Shove. Satu skill lain yang bisa mendekati musuh dengan cepat, sekaligus menyerang.
    • Parrying Stance dan Counter Attack. Kelihatannya sepele, tapi dua skill ini kalau dikombinasikan dan dimaksimalkan bisa memberi damage tinggi. Cukup gunakan klik kiri jika Magic Attack terlalu kecil.
    • Hacking Stance. Walaupun hanya 6 detik, skill ini memiliki multiple hit yang paling banyak dalam satu detik dibanding skill lain, sehingga DPS-nya juga tinggi. Jangan lupa, skill ini punya bentuk EX di level 60.

    Plate

    Untuk skill, sebisa mungkin cari yang menambah attack power, misalkan untuk Final Attack, Hacking Stance, Front Shove, dan Rage, atau skill apapun yang punya versi EX.
    Untuk stat, cari Bear, Destruction, Wind, Fatal. Sisanya bebas :)

    Combo

    Lumayan banyak combo untuk Sword Master, jadi eksplorasi sendiri yah :) kalau tidak yakin, manfaatkan Combo Practice di Colloseum. Combo yang paling sering kugunakan adalah Line Drive atau Front Shove (mendekat sekaligus menyerang), diikuti Eclipse, lalu diakhiri Circle Break atau Finish Attack.

    Current build

    Build ini disiapkan untuk Lv.60, sekalian menunggu skill Lv.70 keluar.

    (click to show/hide)

    (click to show/hide)

    (click to show/hide)
    « Edit Terakhir: 07 Januari 2014, 12:41:33 oleh Èxsharaèn »
    Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
    ~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

    Profiles
    WAYN http://Exsharaen.wayn.com
    About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen


    Offline Èxsharaèn

    • Pölisia mar Ranch-i-ru
    • Administrator
    • Lv 8 Petualang
    • ************
    • Tulisan: 5.564
    • Karma: 8
    • Jenis kelamin: Pria
    • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
    • Sistem Operasi:
    • Windows 8/Server 2012 Windows 8/Server 2012
    • Peramban:
    • Chrome 24.0.1312.56 Chrome 24.0.1312.56
    • Bergabung sejak: 14/10/2006
      YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
      • RPG Fantasy Web Indonesia
    NakaHoshi (Guardian) current PvE build
    « Jawab #7 pada: 30 Januari 2013, 07:59:23 »
  • Publish
  • UPDATE
    Disesuaikan dengan keadaan sekarang.

    Karakter ini baru saja beberapa hari yang lalu naik ke level 50 :) walaupun dia dari cabang Paladin, pengembangannya agak sedikit susah karena fokusnya ke physical (yang membutuhkan STR), sekaligus butuh VIT untuk defense serta HP, dan INT untuk magic defense sekaligus MP. Tergantung style bermain, yang suka menyerang mungkin lumayan kesulitan menggunakan kelas ini, karena sesuai namanya, Guardian lebih banyak bertahan.

    Guardian PvE

    Saran umum:
    • Putuskan terlebih dahulu apakah ingin menjadi Guardian tipe bertahan, tipe menyerang, atau keduanya. Tipe menyerang pengembangannya jadi agak mirip Warrior, dan sepertinya kurang cocok untuk Guardian :)
    • Prioritaskan VIT untuk statistik. Walaupun Guardian punya skill bertahan cukup banyak, bagaimana mau melindungi rekan kalau HP sedikit :) berikutnya, silakan pilih antara INT (fokuskan ke MP) atau STR (menaikkan attack power). Kecuali ingin bisa mandiri atau ikut menyerang musuh, AGI tidak perlu diprioritaskan.
    • Jika mengembangkan tipe bertahan, Guardian akan sedikit kesulitan jika harus berburu sendirian, mengingat skill attack tidak terlalu banyak.
    • Simpan baik-baik skill reset dari Irene dan kotak hadiah Lv.30 :D tergantung pengembangan, bisa jadi Guardian butuh belajar ulang skill-nya.

    Skill esensial

    Sama seperti kelas ketiga lainnya, semua skill Guardian harus diambil. Berhubung kita harus memanfaatkan Guardian Bubble (max 10 bubble, tiap bubble +2% STR dan INT) yang hanya bisa didapat melalui blok, naikkan skill Block dan Stance of Faith (ada versi EX di level 55) setinggi mungkin. Dengan konfigurasi, plate cooldown, dan timing yang tepat, hanya ada jeda 5-10 detik ketika kita tidak bisa menggunakan keduanya (yang bisa ditoleransi dengan berlari atau menggunakan Iron Wall).
    Karena kemungkinan besar monster tidak tertarik menyerang kita (akibat damage yang kecil), naikkan juga skill Provoke hingga maksimum. Skill ini juga berguna supaya rekan sekelompok tidak terganggu oleh monster saat harus berkonsentrasi menyerang (contoh: tentakel Apocalypse). Ditambah blocking, skill ini bisa sangat membantu ketika ada monster yang memiliki serangan besar.
    Jika tidak merasa yakin dengan Block dan Stance of Faith, naikkan Autoblock hingga maksimum. Aerial Block juga bisa dinaikkan untuk memperbesar kemungkinan blok serangan (walaupun aktifnya agak susah karena kita harus diserang di udara). Kalau tidak yakin, cukup ambil Aerial Block untuk syarat menuju Divine Avatar, alihkan SP ke Armor Break.
    Jangan ambil Thor Hammer. Cukup ambil Divine Avatar sebagai ultimate skill.
    Walaupun kolom kedua ada beberapa skill yang "increase threat", efeknya tidak terlalu nyata, oleh karena itu naikkan skill-skill ini hanya ketika SP tersisa.
    Sebagai bantuan untuk menyerang, naikkan kedua skill yang bisa aktif ketika kita mengeblok serangan (Divine Ascension, EX level 60, dan Divine Vengeance).
    Tergantung kelompok, kedua aura mungkin tidak perlu diambil :D
    Tergantung persiapan ke level 70, Divine Punishment bisa diambil sekedar sebagai syarat Divine Avatar atau maksimalkan juga (ada EX di level 70).

    Plate

    Untuk skill, sebisa mungkin cari plate cooldown untuk Block dan buff duration untuk Stance of Faith, Guardian Force, serta Divine Avatar. Plate epic harganya cukup murah, hanya sekitar 100 gold. Konfigurasi ini berlaku untuk tipe Guardian bertahan. Dengan konfigurasi ini, durasi Stance of Faith menjadi 32 detik (cooldown 60 detik), Block tetap 20 detik (tapi cooldown turun menjadi 24 detik), durasi Guardian Force menjadi 15 detik (cooldown 40 detik), dan durasi Divine Avatar menjadi 24 detik (cooldown 125 detik). Dengan timing yang pas, kita hampir tidak bisa terluka (kecuali jika serangan musuh mengabaikan blok) :D
    Untuk statistik, sementara tinggalkan plate yang menambah serangan. Fokuskan pada Life Vitality, Health, Mana (kalau kekurangan MP), Tent, Shining. Sisanya bebas.

    Combo

    Kelas ini mungkin agak sulit kalau disuruh menyelesaikan titel Supreme Controller :D tapi untuk bertahan, berikut combo-nya:
    • Awali dengan Provoke, ikuti dengan Block atau Stance of Faith. Tergantung keadaan, gunakan Provoke terus-menerus. Dengan cara ini, kemungkinan Guardian Bubble bertambah cukup tinggi. Jika plate mendukung, hanya ada jeda waktu 10 detik ketika Block dan Stance of Faith tidak bisa digunakan. Pada jeda waktu ini, silakan serang monster atau gunakan Iron Wall jika perlu.
    • Saat Guardian Bubble mencapai minimal 2 buah dan ada yang kesulitan, gunakan Guardian Force, Atau, jika dirasa perlu, gunakan Divine Avatar kemudian Provoke.
    • Kalau mau menggunakan Divine Avatar untuk menyerang, usahakan mendapat Guardian Bubble sebanyak mungkin.
    • Saat menggunakan Block, kita bisa klik kiri atau kanan ketika diserang untuk menyerang balik (asal skill-nya diambil). Trik ini bisa juga digunakan untuk Stance of Faith, tapi ada jeda waktu sedikit ketika kita harus menekan spasi untuk kembali ke pose bertahan; saat itu kita rentan diserang musuh.
    • Saat Guardian Force aktif, kita masih bisa mendapat Guardian Bubble jika saat itu Block atau Stance of Faith sedang aktif. Bedanya, serangan area akibat Stance of Faith ditiadakan saat iframe (invincibility frame) masih aktif.
    • Saat Divine Avatar sedang aktif, jangan menggunakan Block, Stance of Faith, atau Divine Punishment! Divine Avatar ini termasuk skill iframe yang membuat kita benar-benar kebal 99% serangan, tapi akibatnya kita tidak bisa mengeblok serangan apapun :D

    Current build

    Build ini disiapkan untuk Lv.60 selagi menunggu skill Lv.70 keluar.

    (click to show/hide)

    (click to show/hide)

    (click to show/hide)
    « Edit Terakhir: 07 Januari 2014, 12:52:34 oleh Èxsharaèn »
    Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
    ~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

    Profiles
    WAYN http://Exsharaen.wayn.com
    About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen


    Offline Èxsharaèn

    • Pölisia mar Ranch-i-ru
    • Administrator
    • Lv 8 Petualang
    • ************
    • Tulisan: 5.564
    • Karma: 8
    • Jenis kelamin: Pria
    • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
    • Sistem Operasi:
    • Windows 8/Server 2012 Windows 8/Server 2012
    • Peramban:
    • Chrome 26.0.1410.64 Chrome 26.0.1410.64
    • Bergabung sejak: 14/10/2006
      YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
      • RPG Fantasy Web Indonesia
    Skill simulator
    « Jawab #8 pada: 22 Mei 2013, 06:07:13 »
  • Publish
  • Buat yang main di DN SEA, pasti lagi seru-serunya level cap 60. Tapi, seperti yang kita tahu, tidak ada skill initialization scroll yang diberikan gratis. CherryCredits malah merespon permintaan free skill reset ini dengan mengadakan even cashback DNP untuk pembelian scroll tersebut :D

    Nah, daripada terlanjur salah bikin build dan menyesal, selain saran-saran dari topik ini, dan kebetulan punya perangkat Android, coba gunakan DNapp. Memang belum dibuka untuk server SEA, tapi kita bisa pakai server Korea tanpa harus login. Syaratnya sih cuma satu: bisa sedikit-sedikit baca Hangeul ^^; yang butuh belajar baca Hangeul bisa cek topik ini. Kalau beruntung, beberapa tombol sudah berbahasa Inggris kok (punyaku kebetulan masih Hangeul). Dan berhubung ini aplikasi resmi dari Eyedentity, nggak usah khawatir tentang kredibilitas dan ketepatan skill simulator-nya. Masih ada bug memang (kadang-kadang skill yang sudah diambil tidak bisa dikurangi SP-nya), tapi ada fasilitas simpan dan reset. Dan ini bisa dilakukan tanpa perlu punya akun :)
    Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
    ~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

    Profiles
    WAYN http://Exsharaen.wayn.com
    About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen


     


    Facebook Comments