Penulis Topik: Wacana Penghapusan Kolom "Agama" di KTP  (Dibaca 929 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Sistem Operasi:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Peramban:
  • Firefox 23.0 Firefox 23.0
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Wacana Penghapusan Kolom "Agama" di KTP
« pada: 20 Desember 2013, 05:30:56 »
Sekarang lagi panas isu penghapusan kolom Agama di KTP (baca ini. Banyak yang mendukung, banyak yang menolak (FPI salah satunya).

Jujur aku sendiri setuju. Apa gunanya sih kolom Agama di KTP? Apa kalau aku memiliki agama, berarti aku taat menjalankan agama? Yang ada malah kolom itu bisa menjadi alasan diskriminasi.

Gimana menurut kalian? Penting kah kolom Agama di KTP?
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Sistem Operasi:
  • Windows 8.1 Windows 8.1
  • Peramban:
  • Chrome 31.0.1650.63 Chrome 31.0.1650.63
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re:Wacana Penghapusan Kolom "Agama" di KTP
« Jawab #1 pada: 21 Desember 2013, 11:41:37 »
Biasanya sih begitu, cenderung diskriminasi begitu tahu agama orang itu nggak sama dengan agama kita.

Aku sih gak masalah mau kolom Agama diadakan atau ditiadakan, toh KTP ya jarang pol pakainya :D

Ada satu argumen kemarin, kalau ga salah di Kaskus, intinya gini. Lho kalau gitu kolom Jenis Kelamin bisa ditiadakan juga dong? Kan bisa terjadi diskriminasi dari jenis kelamin? Kalau begitu, kolom Pekerjaan bisa ditiadakan juga dong? Kalau pekerjaannya buruh, yakin ga terjadi diskriminasi? Kalau begitu, kolom Tanggal Lahir bisa ditiadakan dong? Kalau dia lebih muda dari kita, bisa diskriminasi loh. Kalau begitu, kolom Alamat bisa ditiadakan dong? (sori rada kasar, tapi bisa aja lho orang punya kesimpulan gini) Kalau misalnya aku tahu dia perempuan dan tinggal di Dolly, ah pasti pelacur ini. Diskriminasi dong? Kalau gitu, kolom Nama bisa ditiadakan dong? Kalau aku tahu namanya Bejo, Paijo, Sukiyem, dst., ah wong ndeso ini, isa dibohongi. Kalau begitu, semua kolom bisa ditiadakan dong? Terus buat apa kita punya KTP? :D
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re:Wacana Penghapusan Kolom "Agama" di KTP
« Jawab #2 pada: 22 Desember 2013, 09:51:38 »
Semua memang bisa terjadi diskriminasi, tapi kalo mau jujur, diskriminasi agama paling sering terjadi. Selain itu, apa gunanya kamu tahu agama seseorang lewat KTP? Kalau alamat dan tanggal lahir misalnya, kamu butuh untuk verifikasi formulir isian, misal ketika kamu buka tabungan. Lalu apa hubungan agama dengan verifikasi diri?
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Sistem Operasi:
  • Windows 8.1 Windows 8.1
  • Peramban:
  • Chrome 35.0.1916.153 Chrome 35.0.1916.153
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re:Wacana Penghapusan Kolom "Agama" di KTP
« Jawab #3 pada: 19 Juni 2014, 11:40:35 »
Panas lagi nih menjelang pilpres, secara ga sengaja ada satu orang (aku tahu persis dia fanatik Prabowo karena statusnya selalu menjelek-jelekkan Jokowi, akhirnya ku-mute gara-gara dia) pasang status tentang penghapusan kolom agama di KTP jika Jokowi terpilih. Artikelnya ditulis Kompas.

Aku ga tahu ini benar atau nggak jadi CMIIW, tapi di agama Islam katanya mereka harus menunjukkan identitas sebagai umat Muslim, untuk membedakan diri dari kaum musyrik (referensinya dari komentar seseorang di status tersebut), makanya rata-rata menolak penghapusan kolom agama ini. Menurutku sih, ya balik ke orangnya lah. KTP itu cuma tulisan belaka. Identitas seseorang masa ditentukan oleh selembar kartu yang bisa dipalsu? Kalau memang butuh mengidentitaskan diri, ya lewat perilaku saja lah...
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Tags:
 

Dengan Jawab-Cepat Anda dapat menggunakan kode buletin board dan smiley seperti tulisan normal, tapi jauh lebih menyenangkan.

Peringatan: topik ini belum dituliskan setidaknya 120 hari.
Kecuali Anda yakin ingin menjawabnya, harap pertimbangkan untuk memulai sebuah topik baru.

Nama: Email:
Anti-spam: complete the task
anything