Penulis Topik: Selfie di SPBU? Why (can) not?  (Dibaca 2283 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Sistem Operasi:
  • Windows 8.1 Windows 8.1
  • Peramban:
  • Chrome 41.0.2272.101 Chrome 41.0.2272.101
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Selfie di SPBU? Why (can) not?
« pada: 29 Maret 2015, 01:18:31 »
Beberapa pekan terakhir ini aku agak terganggu dengan iklan layanan masyarakat di salah satu radio swasta (berawalan P). Di situ diceritakan seorang cewek yang doyan selfie mau selfie di SPBU, tapi kemudian diperingatkan karena selfie bisa menyebabkan kebakaran. Si cewek itu sudah skeptis sebenarnya, dan sebenarnya pertanyaannya bagus: Apa hubungannya? Ga masuk akal banget deh? Menurut si pembuat iklan, penyebabnya adalah panas yang dihasilkan gadget (ponsel) atau flash dari kamera bisa menyebabkan kebakaran di SPBU. Kok ada yang aneh ya?

Riset punya riset (makasih Mbah Google!), BUKAN ITU PENYEBABNYA. Kalau ponsel sih memang sering dengar bisa menyebabkan ledakan karena radiasinya, tapi itu pun BUKAN! Mau bukti? IEEE[1] dan PEI (Petroleum Equipment Institute)[2] menyatakan tidak ada bukti kuat bahwa penggunaan ponsel (berbicara, browsing, dkk.) di SPBU bisa menyebabkan ledakan. Bahkan Mythbusters[3] serta Snopes[4] pun sudah membuktikannya: busted! Yang benar, penyebabnya adalah listrik statis, yang mungkin diciptakan akibat badan kita bergesekan dengan kursi mobil. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk keluar masuk mobil selagi mengisi bahan bakar (menurut statistik, wanita cenderung melakukan ini[5][6]).

Sementara itu, untuk lampu flash, tidak pernah ditemukan kasus penggunaan lampu flash bisa menyebabkan kebakaran, tapi ada kemungkinan memang bisa[7]. Lagi-lagi, alasan yang paling mungkin adalah listik statis, bukan panas.

Nah, jadi yang benar gimana? Iklan layanan masyarakat itu separuh benar, untuk masalah rokok dan lampu flash yang dapat menyebabkan kebakaran, tapi penjelasannya salah kaprah. Supaya aman, harus gimana? Aku nemu handout[8] yang merangkum secara singkat tapi jelas tentang apa saja yang sebaiknya kita lakukan saat mengisi bensin. Lebih baik mencegah, ya kan? :)

Usut punya usut, isu HP yang bisa menyebabkan kebakaran SPBU ternyata dirilis pertama kali oleh Bangkok Post, dari kecelakaan di negara kita[9] :D

Referensi:
[1] Cellphones Pose No Gas Station Hazard. (2004, April 1). Retrieved March 28, 2015, from http://spectrum.ieee.org/telecom/wireless/cellphones-pose-no-gas-station-hazard
[2] Petroleum Equipment Institute. (n.d.). Retrieved March 28, 2015, from http://www.pei.org/static
[3] MythBusters (2003 season). (n.d.). Retrieved March 28, 2015, from http://en.wikipedia.org/wiki/MythBusters_(2003_season)#Episode_2_.E2.80.93_.22Cell_Phone_Destroys_Gas_Station.22
[4] Fuelish Pleasures. (n.d.). Retrieved March 28, 2015, from http://www.snopes.com/autos/hazards/gasvapor.asp
[5] Biederman, M. (2008, July 26). Static Fires Are a Peril at the Pump. Retrieved March 28, 2015, from http://www.nytimes.com/2008/07/27/automobiles/27STATIC.html?pagewanted
[6] N. Renkes, R. (2010, March 1). Fires at Refueling Sites That Appear To Be Static Related – Summary. Retrieved March 28, 2015, from http://www.pei.org/sites/default/files/PDF/Refueling Fire Incidents.pdf
[7] Can a flash (SB-800) ignite flammable gas or liquid? (2006, December 4). Retrieved March 28, 2015, from https://www.flickr.com/groups/strobist/discuss/72157594406152000/
[8] Dos & Don’ts At the Gas Pump: Static Electricity Fires – How to Prevent Them. (n.d.). Retrieved March 28, 2015, from https://adacounty.id.gov/Portals/Accem/Doc/PDF/gaspump.pdf
[9] Sukrung, K. (1999, May 17). Mobile phone boom. Retrieved March 28, 2015, from http://web.archive.org/web/20031023221110/http://search.bangkokpost.co.th/bkkpost/1999/may1999/bp19990517/170599_Outlook01.html
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re:Selfie di SPBU? Why (can) not?
« Jawab #1 pada: 29 Maret 2015, 04:37:30 »
Tumben dengerin radio :D

Kalau di Radio SS, aku belum pernah dengar iklan itu. Atau mungkin ditayangkan pas aku gak dengar ya
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

 

Dengan Jawab-Cepat Anda dapat menggunakan kode buletin board dan smiley seperti tulisan normal, tapi jauh lebih menyenangkan.

Peringatan: topik ini belum dituliskan setidaknya 120 hari.
Kecuali Anda yakin ingin menjawabnya, harap pertimbangkan untuk memulai sebuah topik baru.

Nama: Email:
Anti-spam: complete the task