Wah luas banget sih yah.. tiap orang punya definisi sendiri.. dan pasti ada kelebihan ama kekurangan
Klo kata saya sih kunci nya emang di permainan peran...
RPG = Role Playing Game menurut saya adalah permainan dimana para pemain nya dilibatkan/"berperan" dalam keberlangsungan cerita dari game itu sendiri (cth: biasanya dimunculkan lewat pilihan-pilihan: "yes or no", atau "kill or recruit", atau "help the city first" or "save the princess first").
Pilihan ini tidak hanya terpusat pada pilihan yang muncul di tampilan or display or apapun lah yang mengharuskan kita memilih langsung, melainkan pada pilihan kita sendiri.. misalnya : "beli armor dulu akh buat si A".. atau "pergi ke kota ini dulu ah mau rekrut orang". Pilihan-pilihan kita akan menentukan keberlangsungan jalan cerita.. apakah langsung gagal? (game over), atau berhasil (ending), atau membuka jalur cerita lain (alternate ending)? (dan disadari atau tidak, pilihan-pilihan ini biasanya sangat tergantung pada kepribadian kita sebagai player)
Hasilnya adalah kita seolah terlibat/"berperan" dalam sebuah jalinan cerita (atau sebuah tujuan) dari awal hingga akhir, namun kita tidak selalu 'dihanyutkan' dalam 'arus' cerita tersebut. Kita bisa memilih kapan kita akan keluar dari 'arus' tersebut dan kapan kita kembali 'menghanyutkan' diri.

berbeda dengan game2 genre lain yang 'menyetir' kita untuk selalu mengikuti plot.
Kalo soal setting tempat, storyline waktu, karakter, job, quest, dll.. itu cuma asesoris nya

mereka tidak mendefinisikan RPG. Mereka mempermanis RPG

...
Yah tapi ini cuma pikiran saya saja

.. Just a humble opinion from moi
