Penulis Topik: Malaysia = Truly Asia?  (Dibaca 1370 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Malaysia = Truly Asia?
« pada: 31 Agustus 2007, 12:27:21 »
Melihat kejadian akhir-akhir ini, aku rasa predikat itu nggak cocok sekali diklaim oleh Malaysia. Orang Asia, khususnya bangsa Melayu, kan terkenal ramah dan baik hati. Lha kenapa penyiksaan TKI nggak juga berhenti-berhenti di Malaysia (walaupun di Arab juga terjadi)? Belum selesai kasus Ceriyati dan satu lagi TKI (lupa namanya) yang melarikan diri dari lantai belasan apartemen karena tidak tahan disiksa majikan, sekarang muncul kasus penyiksaan orang Indonesia di Malaysia. Dan sayangnya, itu dilakukan pihak berwajib Malaysia, yang katanya seharusnya melindungi dan melayani siapa saja, termasuk warga negara asing. Kok ya hanya orang Indonesia yang selalu apes dianiaya di Malaysia?

Apa sih yang sebenarnya terjadi antara kita dan Malaysia? Katanya bangsa satu rumpun, kenapa Malaysia seakan menjadi superior, di atas kita, sehingga bisa berlaku seenaknya terhadap kita? Apa ini bukan bentuk penjajahan terbaru yang terselubung motif ekonomi?

Coba deh lihat tulisan di media massa akhir-akhir ini, panas sekali memberitakan tentang Malaysia; tapi sebaliknya, media massa di sana justru ingin meredam masalah. Ini apa yang salah sih sebenarnya? Bagaimana juga reaksi pemerintah yang selama ini terkesan main aman, memilih menanggapi dengan bijak. Memang benar, apa-apa harus kita hadapi dengan bijak, tapi kalau terus berulang? Kesabaran itu ada harga batasnya, jangan dipermainkan seenak hati begitu...

Sori, topik ini tidak bermaksud menjelek-jelekkan Malaysia, tapi topik ini ingin mencoba memahami, apa yang sebenarnya terjadi antara Indonesia dan Malaysia. Kenapa masalah demi masalah selalu terjadi antara kita dengan Malaysia, tapi dengan negara ASEAN lain kita bisa bekerja sama dengan baik?
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #1 pada: 31 Agustus 2007, 02:29:44 »
Ya itu, mungkin malaysia menganggap diri mereka lebih hebat karena lebih unggul di sisi ekonomi...
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #2 pada: 02 Oktober 2007, 01:06:24 »
Yang aku dengar terakhir (dari acara Showbiz tadi siang), lagu daerah Maluku, Rasa Sayange, mau diklaim Malaysia sebagai lagu daerah mereka untuk ajang promosi acara kebudayaan Malaysia dalan waktu dekat.

Terlalu gawat... kapan hari aku juga nonton (lagi-lagi di MetroTV, lupa acara apa), angklung mau dipatenkan Malaysia.

Ada contoh lain sih tentang kebudayaan kita yang dipatenkan negara lain (misal batik sudah diambil Belanda kalau nggak salah), tapi aku nggak bahas dulu di sini. Silakan buat topik baru kalau ada yang tertarik.

Menyedihkan...
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #3 pada: 02 Oktober 2007, 09:49:13 »
Sungguh menyedihkan....
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #4 pada: 03 Oktober 2007, 10:41:16 »
Ini aku cuma lihat di running text MetroTV tadi pagi.

Kata menteri kebudayaan Malaysia, hal ini mestinya tidak dibesar-besarkan.

Enaknya kalau ngomong!!!
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #5 pada: 03 Oktober 2007, 11:16:46 »
Soalnya dia yang untung, makanya dia tenang-tenang saja....
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Kei90

  • Lv 3 Pemain
  • ***
  • Tulisan: 489
  • Karma: -2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Juzt wanna have fun ^^p
  • Bergabung sejak: 17/09/2007
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #6 pada: 10 Oktober 2007, 09:24:09 »
Memang sie, dari keberhasilan suatu negara, Malaysia lebih menang. Namun, kalau ingin lebih "terkenal" dengan mencuri lagu negara laen, mengambil alat musik negara laen, dan menganggap "masalah2" tadi tidak usah dipermasalahkan, kayak ngajak perang aja ama negara kita.  >:(
Moga2 cepet sadar dhe Malaysia, pemerintahnya (rakyat ga salah), biar ga pongah (lebih dari sombong).

~Kei90
Motivation for fighting the fear of life:
"Brave men are them that once saw fear in their life, and crossing the fear. There are no brave men that already been brave when their are born."

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #7 pada: 24 Oktober 2007, 11:29:42 »
Ada istilah baru yang konon populer banget di ranah maya Indonesia untuk menggantikan Malaysia:

Malingsia

Konon sih sebagai balasan karena orang Indonesia selalu disebut Indon, plus "dipinjamnya" lagu Rasa Sayange untuk iklan (coba cari videonya di YouTube, sudah ada yang unggah).
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #8 pada: 24 Oktober 2007, 11:49:40 »
Minta linknya dong :)
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #9 pada: 24 Oktober 2007, 11:51:57 »
Nah itu aku yang nggak bisa cari sekarang... tadi sih videonya cuma dilihatin sekilas di Reportase Sore TransTV, ma dikasih tahu kalau sudah ada salinannya di YouTube.

Cepetan, sebelum disensor :D
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #10 pada: 17 November 2007, 11:24:13 »
Nah, untunglah beberapa minggu lalu (beritanya dah basi yah :P) pemerintah Malaysia akhirnya mengakui bahwa kita secara de facto adalah pemilik lagu Rasa Sayange dan minta maaf karena sudah "mencuri" lagu itu. Kok nggak disiarkan di TV yah (apa aku yang ketinggalan berita)...

Gitu dong ;)
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #11 pada: 18 November 2007, 12:52:57 »
Tapi apakah hak paten yang mereka daftarkan sdh dicabut? Trus iklannya juga harus segera ditarik...
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #12 pada: 01 Desember 2007, 12:57:50 »
Kayanya kok mulai lagi... kemarin aku lihat berita, gantian Reog Ponorogo mereka klaim. Katanya, sekitar 150-200 tahun lalu ada orang Indonesia yang membawa budaya itu ke sana.

Ini ada apa sih sebenarnya??? Kalau memang berulah, kok selalu Malaysia? Lama-lama aku jadi anti-Malaysia kalau gini caranya >:(
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Offline Stash

  • The Sentinel of Volcano
  • Kru RPGFWID
  • Lv 7 Ahli
  • ******
  • Tulisan: 3.205
  • Karma: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Journey Never Ending
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • Catatan Stefano
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #13 pada: 01 Desember 2007, 09:31:40 »
Jangankan reog ponorogo. Wakil dubes malaysia di Indonesia malah mengklaim bahasa indonesia tuh meniru bahasa melayu.

Bahkan rendang pun mau mereka akui...
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Offline Èxsharaèn

  • Pölisia mar Ranch-i-ru
  • Administrator
  • Lv 9 Petualang senior
  • ************
  • Tulisan: 5.650
  • Karma: 8
  • Jenis kelamin: Pria
  • Veni, veni, venias; ne me mori facias...
  • Bergabung sejak: 14/10/2006
    YearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYearsYears
    • RPG Fantasy Web Indonesia
Re: Malaysia = Truly Asia?
« Jawab #14 pada: 01 Desember 2007, 11:53:19 »
Yaa... kalau tentang bahasa, itu sih memang benar, bukannya bahasa Indonesia akar katanya bahasa Melayu?

Rendang kalau nggak salah memang ada unsur Melayunya. Tinggal yang benar yang mana menurut sejarah... sebagian suku bangsa kita kan Melayu juga...

Katanya bangsa serumpun, kok malah berkelahi terus begini... :(
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
WAYN http://Exsharaen.wayn.com
About.me http://about.me/hoshiro.exsharaen

Tags:
 

Dengan Jawab-Cepat Anda dapat menggunakan kode buletin board dan smiley seperti tulisan normal, tapi jauh lebih menyenangkan.

Peringatan: topik ini belum dituliskan setidaknya 120 hari.
Kecuali Anda yakin ingin menjawabnya, harap pertimbangkan untuk memulai sebuah topik baru.

Nama: Email:
Anti-spam: complete the task