Kan cukup banyak tuh RPG yang mengizinkan kita memilih kelas sendiri. Nah, biasanya, kelas apa yang kalian pilih? Kenapa suka dengan kelas itu?
Kelas yang umum adalah melee, ranger, magician, dan summoner, tapi kalau ada yang punya preferensi di luar keempat kelas itu silakan tuliskan saja. Kalau ternyata dalam keempat kelas itu masih bisa dipecah lagi (misalkan melee ada yang one-handed dan two-handed, magician ada yang black magic dan white magic, dsb.), pilih yang paling disukai.
Selama ini aku cenderung melee, tapi melee yang seimbang antara attack dan defense, jadi aku terbiasa memilih yang one-handed supaya tangan satunya bisa memegang perisai untuk defense. Saat distribusi kekuatan, biasanya aku juga mengusahakan keduanya seimbang, atau defense lebih tinggi sedikit dari attack. Perkecualian mungkin di Hellgate: London, karena kelas yang aku pilih kebetulan sekali gabungan antara melee one-handed dan ranger. Nggak tahu kenapa, tapi kalau musuhnya berkelompok, aku cenderung gagal sebagai ranger. Walaupun jarak serangannya jauh, tapi biasanya musuh ngeh kalau diserang dan langsung menghampiri; di situ aku kewalahan kalau bukan melee :P
Kalau aku, sukanya yang petarung jarak dekat, entah pake senjata atau bare-handed. Soalnya mungkin sesuai sifatku, gak suka yang ribet.
Hmm... masuk akal sih, tapi bukannya biasanya tipe fighter kaya gitu malah ribet di skill ya? Kalau di konsol sih, selama ini lumayan ribet karena harus hapalin kombinasi tombol tertentu (misalnya entah siapa itu namanya yang pakai Blitz di FF VI, atau Limit Break-nya Zell FF VIII, dan jelas-jelas Legend of Legaia yang semuanya fighter). Aku lemah di hapalan :P
Aku kan bisa antara pake pedang atau pake tinju. Tapi kebanyakan sih aku suka yang pake pedang.
Gw sukanya sie jarak jauh. Archer ato mage. biar jaga jarak. Weqweqweq. Malez deket2 en lebih beresiko. Tapi ribet jg skillnya, but lebih gampang nyerangnya, kontrol HP. abur2an. Weqweqweq! ;D ;D ;D
~danz
Nggak tahu juga sih, tapi kalau di RF Online, aku lihat yang ranger atau mage cukup kewalahan kalau harus hunt sendirian. Ya memang sih harga potion di sana cukup murah dan ada macro untuk menggunakan potion otomatis, tapi susah ah :D
Masalahnya, yang petarung jarak dekat juga kewalahan, termasuk aku :P
Yup, soalnya monsternya kalau ngejar gak kenal batas. Jadi susah juga jadi ranger.
melee!!
huehueheuh,, paling asik ngegebuk momon, gak ribet, praktis, (dah kyk ngiklan :D) huehueh,,
Banyak penggemar melee juga yah di sini :)
Kecenderunganku geser sedikit, dari dulunya melee, sekarang aku lagi demen jadi support mage. Buff sudah lengkap, tinggal melengkapi debuff (lha support mage kok punya debuff, itu kan tugasnya wizard :P)
dulu sih sempet suka sama summoner n magic tp.... ternyata mudah sekali kena gebuk :D
aduh2,,
Sangat mudah. Kalau berhadapan dengan pemain musuh di game online, aku selalu jadi sasaran pertama. Selain karena debuff yang lumayan (enak juga ngisengin orang supaya nggak bisa pakai buff atau malah ngilangin buff-nya :P), satu-satunya kemampuan yang paling dibenci bangsa lain...
Heal party ;D
ew,,belakangngan maen d lineage pertama kali buat laangsung tipe mele pengguna dager dari ras dark elf karena keliatan keren aja,,eh tak taunya ternyata tipe dager dari ras dark elf yg kebetulan wa pilih karena keren di lineage adalah damage dealer terbesar lho,,selain terbesar damagenya char ini cman punya skill aktif sdikit lho,,n char yg isa PK char laen tanpa harus kehilangan hp,,soalnya skill nya ada yg namanya backstab,,skill backstab isa memberikan instan kill,half kill,n miss,,kebanyakan sih miss nthu skill,,tapi sekali kena langsung damage ke HP char tanpa mengurangi CP(jika menyerang player CP dlu yg berkurang sebelum CP habis maka HP gag bakal berkurang,,biasanya HP dengan CP itu sama,,jadi kalau seseorang sedang duel dengan player sama aja HP nya jadi 2x karena HP + CP,,CP tiap class/job beda" sama kayak HP),,skill backstab adalah skill satu"nya yg isa ngurangi HP tanpa melewati CP,,n ada skill satu lagi mortal blow,,tp skill ini cman isa memberikan half kill,damage biasa skill(gede banget lho,,n delay skill cepet),n miss,,skill ini berhasil tidaknya dilihat dari perbedaan dex dan lv char yg PK"an,,
tp karena ada server baru d lineage wa gag maen char nthu lagi,,akhirnya pindah jd suport,,eh ternya ta asyik juga karena suport yg wa pilih adalah dari ras dark elf,,suport yg isa heal mp char,,cuman ada 2 class yg isa heal mp suport dari elf dan dark elf aja,,n sebagai catatan di lineage tidak ada pot mp(ada sih tapi sangat mahal 300.000adena sedangkan pot hp cuman 300adena(hanya lv 50++ yang mampu beli karena dapet duitnya sulit),,dan lagi hanya memulihkan mp skitar 300mp(mp di lv 40++ aja sudah 1000)dan juga pot mp memiliki delay 5 menit,,dan lagi pot mp hanya bisa di buat,,tidak di jual d npc,,300.000adena adalah perkiraan harga bahannya),,
enak khan udah isa heal HP,,MP,,kasih Buff dan de Buff,,tapi sayang jarang yg maen class ini d lineage karena lebih suka mainin char suport dari manusia,,char suport dari manusia di bagi jd 2,,yg 1 focus heal hp(gag isa heal mp,,tp healnya hp nya jauh lebih gede dari elf n dark elf),,dan yg satunya lagi focus ke buff n de buff(lebih banyak buff n lebih lengkap),,tapi soal buff masing" suport dari ras berbeda punya buff khusus yang hanya dia miliki,,jd lebih asyk lagi karena suport dark elf memiliki buff khusus vampiric rage,,buff yg juka diberikan akan memberikan efect absorb HP msuh yg hilang karena damage dari serangan mele(tidak dari damage skill),,
setelah char suport ampe lv 65 wa coba buat char archer,,eh tarnyata archer juga asyk lho,,bla,,bla,,bla,,bla,,
kesimpulannya karena wa dah capek nulis n ngejelasin smua class/job(suka smuanya yg di lineage) lineage adalah satu-satunya game yg membuat aku jd bingung memilih char mana yg paling bagus karena smua char memiliki kelebihan dan kekurangan masing" secara mendetail d lineage,,
cape deh
Enak kelas Archer bisa Attack dari jarak jauh . tapi Hasil attakcnya sedikit
Tapi
Warrior enaknya serang dari deket hasil attacknya tinggi tapi gak enaknya gak bisa attack dari jauh , sedangkan archer bisa
Jadi kepikiran. Dari game FF, yg paling kompatibel en dinamis = Red Mage.
Battle = kuat
Magic = ad stock white & black
Apalagi? Jadi char yang bisa diandelin kapan aja.
Kekurangan = Jd gak fokus. Gak kuat dimanapun. Paling dari FF 3 ato 5 (lupa, pokoknya yg maen sistem Job), spesialitynya Conjurer, make magic random (biasanya Black) tanpa pake MP. Sama kek White Mage's Pray, minor heal party tanpa MP.
Rasanya sih kalau menerapkan sistem class, jarang ada yang tipe seimbang. Kecuali kita bisa kembangkan sendiri kemampuannya. Tapi butuh waktu lamaaaaaaaa ;D
Kcuali FF 3 kalo gak salah (maen di DS), gak bakal bisa karna sistem job-nya sesuai battle. Suka Fight/Attack = STR naek, MAG turun. En smacemnya....
kalau saya paling suka jd priest, cuman bkn tipe priest yg jd support buff sama heal-bot...
tapi tipe priest yg sukanya nge-bunuh pake spell (shadow-priest), yah kayak caster pada umumnya cuman tipe spel yang dipake divine spell (doa2), cuman yang dipake shadow-priest doa jahat yang melemahkan musuh pelan-pelan sampai akhirnya mematikan...
emang c shadow-priest kalo untuk pvp jauh lebih lama dalam ngebunuh lawan daripada caster tipe laen, ex: mage, warlock. Tapi disitu seni-nya, ngebunuh pelan-pelan sampai ketika musuh sadar bahwa hp mereka tinggal tipis....sudah telat bagi mereka untuk kabur dan kuambil deh jiwa mereka hehehe....lumayan c lifetime (jumlah nyawa) yang kukumpulin udah 44 ribu, cuman masih kalah jauh sama priest seniorku yangg udah kumpulin nyawa 100 rb lebih (bs dilihat di wotlk-indogamers.us >> armory>>honor rangking)
Shaza-Kiel nyoo +_+
Huaaai :D heheheh setelah sekian lama akhirnya saya posting lagi :)
Kelas favorit? Kalo gw si demen banget ama agility :) jadi tentu prefer jadi melee fighter ntah assasin atau knight (kalo di RO) Knight yang ga jadi (menyalahi kodrat) hahahaha...
Just move n hack n slash as fast as you can!!
Pokonya garda depan deh :) cuma biasanya kalo AGI.. waktu dipukul sakit 0_o
Dan aku baru sadar belum pernah post di sini :D
Hmm, buat RPG sih biasanya aku cenderung pilih class assassin. Agility tinggi, jarang kena pukul, damage kecil tapi attack speed tinggi~
Pilihan kedua biasanya healer, terutama kalau main bareng seseorang XD
Semua klas punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. kalo aku pribadi lebih cenderung magic (for online) dan hampir semua klas aku suka...
Belakangan lagi asyik main suikoden. Disitu karena sistemnya grid 3x2, dan max 4 member party, berarti ada 1 yang harus di belakang, jadi mulai terbiasa pake member yang bisa serangan jarak jauh, seperti archer atau mage. Tentu saja magenya yang memakai magic attack.
Khusus DN, karena action speed pengaruh... Susahnya jadi healer :( enakan main Acrobat deh, banyak invincibility frame-nya~
Hihihi, berhubung pasanganku healer, mulai suka main melee :D ribetnya sih cuma satu: kebanyakan gerak ^^;
Yang post di atas ini, melee damager yang bahkan lebih berkulit baja dari healernya >.>
Acrobat juga banyak gerak... Sayang Kali nanti magic, bukan physical. Padahal aku sudah ngarep ada class Assassin...
Mau main DN lagi....
Tapi pake flash yg 2GB/bulan cukup gak ya....
Arek-arek ya pakai internet limited kok (Axis, smartfren setahuku). Nek stabilitas e... mereka ya kadang-kadang DC, sini sampai wis adaptasi. Nek pas lewat FUP, hampir ga isa ngapa-ngapain memang...
Aku ya pake flash, mepet2 kl full buat DN... (dengan catatan gak dipake browsing).
Kalau jarang on sih cukup rasanya.
ini bicara klas favorit kok malah tembus ke provider ya???? ???
Tanyain kk st4sh tuh ;D
Lho, kok aku? :p Udah2, OOTnya distop :D
Lha yang OOT duluan situ tuh :P
Aku jadi kangen class Dancer-nya RO, belum nemu lagi yg mirip di game MMO manapun yang kumainin...
kelas favorit ane assasins/fighter di 3K online (http://forum.rpgfantasy.web.id/3k.wavegame.net)