Ini agak sedikit panjang dan membosankan, jadi sabar yaaa...
Seperti RPG pada umumnya, di sini kita juga mengenal statistik. Statistik yang digunakan di sini telah dikumpulkan dari sekian banyak RPG dan diadaptasi untuk dunia RPN. Statistik itu adalah sebagai berikut.
• HP (Hit Point)
HP menggambarkan kondisi seseorang, sejauh mana ia mampu menerima serangan dari musuh (damage).
• BP (Blood Point)
BP sebenarnya hanya menggambarkan jumlah darah yang dimiliki suatu makhluk dalam mililiter. Tiap makhluk memiliki BP berbeda. Untuk manusia, rata-rata besarnya 5000 BP. BP tidak terlalu dipengaruhi HP, STR, dan VIT, namun saat ketiganya menurun, BP biasanya juga ikut menurun, terutama jika terjadi luka. Tidak semua makhluk memiliki BP, seperti bangsa Spirita.
• LP (Life Point)
Sesuai namanya, LP sangat menentukan hidup mati suatu makhluk. Besarnya LP selalu sama untuk setiap makhluk, yaitu 1000 LP dalam keadaan maksimal (dihitung dalam permil). LP sangat terpengaruh pada HP, BP, STR, dan VIT: saat keempatnya menurun, LP juga ikut menurun. Jika LP mencapai nol, makhluk itu dapat dipastikan sudah mati. Khusus makhluk undead, LP-nya minus untuk menunjukkan bahwa mereka makhluk undead.
• MP (Magic Point)
MP menggambarkan kondisi kekuatan magis/sihir seseorang. Bila MP mencapai 0, seseorang tidak dapat menggunakan sihir sementara hingga MP pulih.
• IP (Ikari Point)
Ikari berarti kemarahan. IP menggambarkan tingkat kemarahan seseorang, diukur dalam permil. Pada IP tertentu, seseorang akan mampu melakukan jurus-jurus spesial. Bandingkan dengan sistem Limit pada FF VII atau sistem IP yang tepat sama pada Lufia.
• EXP (Experience Point)
Poin yang “wajib” bagi RPG, EXP menggambarkan tingkat pengalaman seseorang. Dalam RPN ini, EXP tidak hanya didapat dari pertempuran, namun juga dari mempelajari sesuatu, mendapatkan informasi berharga, dsb.
• STR (Strength)
STR sendiri menggambarkan tingkat kekuatan fisik seseorang. Dalam RPN ini, STR juga diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan tanpa cepat lelah.
STR ini sendiri terbagi dalam empat unsur, yaitu:
1) ATP (Attack Power)
ATP menggambarkan kekuatan menyerang fisik.
2) DFP (Defense Power)
DFP menggambarkan kekuatan pertahanan dari serangan fisik.
Secara umum, physical damage (PD) yang diterima adalah ATP penyerang dikurangi DFP yang diserang.
3) MGA (Magic Attack)
MGA menggambarkan kekuatan menyerang magis.
4) MGR (Magic Resistance)
MGR menggambarkan kekuatan pertahanan dari serangan magis.
Secara umum, magical damage (MD) yang diterima adalah MGA penyerang dikurangi MGR yang diserang.
• AGL (Agility)
AGL menggambarkan tingkat kecepatan/kegesitan seseorang. Secara umum, ini sangat menentukan dalam pertarungan, seberapa cepat seseorang mampu menyerang kembali setelah gilirannya. Di RPN ini, AGL lebih ditekankan pada seberapa cepat seseorang berlari, entah itu untuk menangkap sesuatu atau menghindar dari sesuatu. Tak usah berpusing-pusing mengenai hal ini.
• VIT (Vitality)
VIT menggambarkan tingkat vitalitas seseorang, sejauh mana ia tahan terhadap penyakit, cuaca, dsb.
• FOR (Fortunity)
Seperti arti kata kepanjangannya, FOR menggambarkan tingkat keberuntungan seseorang, diukur dalam permil (per seribu bagian).
• GUT
GUT menggambarkan tingkat keberanian seseorang dalam menghadapi sesuatu, misalnya saat menghadapi musuh, saat sendirian di kuburan, atau keberanian untuk melakukan suatu pekerjaan. Kadarnya diukur dalam permil, dipengaruhi banyak hal, dan akan mempengaruhi banyak hal.
• INT (Intelligence)
Efeknya berbeda-beda untuk tiap orang, namun pada dasarnya INT mempengaruhi hasil kerja seseorang, terutama untuk melakukan sesuatu, terutama sihir. Semakin tinggi INT, semakin baik hasilnya.
• IQ (Intelligence Quotient)
IQ menggambarkan tingkat kecerdasan seseorang. IQ memberikan pengaruh pada keberhasilan seseorang untuk mempelajari sesuatu. Semakin tinggi IQ-nya, semakin cepat ia mempelajari hal-hal baru.
• EQ (Emotional Quotient)
EQ menggambarkan tingkat emosional seseorang. EQ akan mempengaruhi pertumbuhan IP dan semua statistik dari STR hingga VIT.
• SQ (Spiritual Quotient)
SQ menggambarkan tingkat spiritual seseorang. SQ juga mempengaruhi pertumbuhan IP, namun pengaruhnya lebih banyak terasa pada MGA dan MGR.
Seseorang dikatakan pingsan apabila STR nol; KO (keluar/tidak bisa meneruskan pertarungan) bila HP mencapai nol; koma bila VIT nol; dan mati apabila LP mencapai nol.
Itu hanyalah sebagian dari sekian banyak statistik yang seharusnya ikut dipertimbangkan dalam sebuah RPG. Namun, karena ini RPN, statistik ini dibatasi hanya hal yang umum saja. Selain itu, statistik ini hanyalah statistik, tidak akan banyak berpengaruh dalam cerita maupun pertarungan nanti. Jangan khawatir, kau takkan menemukan proses perhitungan PD, MD, penyembuhan, pertahanan, atau yang sejenisnya yang ruwet. nikmati saja ceritanya.