Berita:

Sudah daftar tapi belum bisa masuk log? Aktifkan dulu akunmu. Lihat keterangan lebih lanjut di New Party.

Main Menu

v0.3

Dimulai oleh Èxsharaèn, 16 April 2007, 05:40:23

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 3 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Èxsharaèn

Memang sementara dihentikan, tapi aku sudah punya ancang-ancang fitur baru RPG OJ v0.3:

Jendela waktu (khususnya waktu Gaia) akan aku pindah ke map, jadi tidak usah buka menu dulu untuk tahu jam. Ini nanti bisa disembunyikan via menu.

Pengaturan untuk mengubah windowskin.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Tambahan (fitur ini terinspirasi dari Dungeon Siege II)

Load the most recently saved game (he he he, agak susah terjemahinnya :D). Ini nanti bisa diakses langsung dari tampilan utama.

Buku jurnal yang lebih baik untuk menyimpan daftar quest.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Setelah sibuk dengan ToAJ dan melihat ulang RPG OJ, rasanya ada yang perlu dibenahi:

1. Tampilan menu.
Memang dari dulu aku sudah merasa kalau menu ini terlalu "ramai", terutama jendela status aktor yang menjadi penuh sekali kalau aktornya lebih dari 9. Mungkin aku akan rombak supaya hanya 4 aktor aktif saja yang muncul di jendela itu, sisanya gulir ke bawah.

2. Menu Ganti
Mungkin sudah terasa sekali menu ini agak tidak bagus, karena tidak ketahuan siapa yang akan diganti.

3. Menu Status
Ternyata ada yang kelewatan: aku lupa menggambar elemen masing-masing aktor! Karena jendela status yang ada sekarang sudah cukup penuh, mungkin aku pertimbangkan untuk membagi beberapa status ke jendela terpisah, misalnya seperti ini:
Statistik (termasuk Elemen) -> Perlengkapan

4. Menu Status Tugas (Quest) yang sekarang ini terpisah mungkin akan digabung dengan menu Status, walaupun masih bisa diakses dengan tombol L.

5. Nggak tahu ini bisa apa nggak, tapi statistik di ToAJ akan aku bawa ke RPG OJ, jadi sistem pertarungannya juga akan mengikuti perhitungan dari ToAJ.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Aku nggak tahu apakah fitur ini diperlukan atau nggak, tapi masih berhubungan dengan fitur sebelumnya, yaitu autobattle.

Di Dragon Warrior VII, kita bisa mengganti perilaku aktor saat pertarungan, apakah mau dikontrol manual atau komputer dengan perilaku tertentu (misalnya selalu bertahan, hanya menyerang, dsb.). Di RPG OJ, ini tidak bisa dilakukan per aktor, melainkan untuk keseluruhan aktor (itupun kalau perilaku autobattle diset ke kelompok dan saat pertarungan). Kalau mau per aktor, harus dilakukan sebelum pertarungan.

Adakah yang merasa perlu menggunakan fitur autobattle yang lebih kompleks ini?

BTW aku akan coba memperbaiki fitur autobattle yang ada sekarang dengan tambahan perilaku, misalnya hanya gunakan skill tertentu. Ada usulan perilaku autobattle?

Oh ya, ini tambahan yang sudah positif akan dilakukan untuk v0.3: Mengganti perlengkapan waktu bertarung. Sebal kan waktu bertarung dengan Gargaloa ternyata harus pakai pedang khusus, jadi mau nggak mau harus mengalah dulu? :D

Ini mungkin akan dilakukan per aktor atau langsung keseluruhan satu kelompok (karena notabene seluruh kelompok bisa bertarung saat itu juga). Mau yang mana?

Ada usulan lain?
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Kok belum ada respon yah... mumpung aku sudah bisa buat RPG OJ v0.3...

Tambahan fitur dari ToAJ:

1. Game over dihilangkan. Sebal kan kalau kalah saat melawan musuh tertentu dan harus mengulang dari awal? Nah, fitur dari ToAJ (dan sebenarnya dari beberapa game lain) aku bawa ke RPG OJ. Saat kekalahan terjadi, kita akan dibawa ke penginapan pada kota terakhir yang dikunjungi, dengan (ahem) penalti 50% uang di tangan. Aku akan pertimbangkan apa seluruh aktor otomatis disembuhkan, karena penginapan juga bisa melakukan ini. Atau mungkin perlu ditambahkan agar KO tidak bisa disembuhkan dengan tidur? :D

2. Karena akan ada penalti uang kalau kalah, otomatis harus ada bank untuk menyimpan uang agar terhindar dari penalti tersebut.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Umm...

Untuk fitur load the most recently saved game, rasanya aku batalkan, karena rupanya fitur itu otomatis dijalankan waktu kita memilih Lanjut. Yah, memang harus tekan C dua kali, tapi nggak masalah kan?

Ini mungkin cukup menggembirakan. Di versi 0.3 nanti, kesalahan berkas menghilang tidak akan menghentikan permainan. Pesan kesalahan akan tetap muncul, namun sifatnya hanya pemberitahuan dan permainan akan berlanjut seperti biasa. Hanya saja, objek yang gambarnya tidak ada akan menghilang, sementara suara yang menghilang akan digantikan dengan... kesunyian :D Catatan tentang berkas yang menghilang bisa dibaca menggunakan Notepad (walaupun berkasnya adalah .rxdata) untuk dilaporkan pada forum ini; atau kirimkan langsung ke forum ini atau e-mail.

Sistem yang sama juga digunakan untuk kesalahan program. Hanya saja, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, permainan akan tetap dihentikan. Catatan kesalahan program juga bisa dibuka dengan Notepad untuk bug squash (atau dibetulkan sendiri jika mempunyai RPG Maker XP asli dan mempunyai pemahaman lebih lanjut tentang RGSS).

Kalau yang versi 0.2 ke bawah merasa terganggu dengan kesalahan berkas menghilang, mungkin bisa melakukan update manual (tapi ini belum pernah dicoba, jadi tanggung sendiri atau tunggu saja versi berikutnya). Silakan beri tahu di forum ini kalau ada yang ingin update manual.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Kei90

Kutip dari: Èxsharaèn pada 30 Agustus 2007, 12:35:01
Kok belum ada respon yah... mumpung aku sudah bisa buat RPG OJ v0.3...

Tambahan fitur dari ToAJ:

1. Game over dihilangkan. Sebal kan kalau kalah saat melawan musuh tertentu dan harus mengulang dari awal? Nah, fitur dari ToAJ (dan sebenarnya dari beberapa game lain) aku bawa ke RPG OJ. Saat kekalahan terjadi, kita akan dibawa ke penginapan pada kota terakhir yang dikunjungi, dengan (ahem) penalti 50% uang di tangan.

Kenapa mesti duit? Beberapa game bakal penalti exp, sepertinya lebih menantang hehehehe... ;D
Saran duank...

~Kei90
Motivation for fighting the fear of life:
"Brave men are them that once saw fear in their life, and crossing the fear. There are no brave men that already been brave when their are born."

Èxsharaèn

OK, nanti akan dipertimbangkan, supaya penalti EXP tidak menyebabkan level down (rada nggak masuk akal sih menurutku, tapi boleh juga).
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

ch1m0x

ayooo .. aku menunggu versi 3 !!

tega melihatku mati penasaran ???


Èxsharaèn

Oke, tenang, v0.3 mulai dikerjakan kok. Yang sudah selesai adalah jendela waktu, tinggal nambahin fitur untuk menyembunyikannya via menu Pengaturan. Berhubung yang kerja cuman satu orang (dhran masih sibuk TA), sabar yaa...
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Kei90

Cia-you ya, crew2 RPG OJ ^^
kami mendukungmu slalu!!

~danz
Motivation for fighting the fear of life:
"Brave men are them that once saw fear in their life, and crossing the fear. There are no brave men that already been brave when their are born."

ch1m0x

iya neh .. ca yo ca yooo

eh .. exsh .. berhubung aku di rumah gak bisa buka nih forum ... error log data bakal aku kirim by email aja yah

Èxsharaèn

Jendela waktu selesai! Tinggal menyesuaikan event saja supaya nggak muncul di saat event tertentu muncul (misalnya saat tidur, kan aneh jamnya nongol :D).

Pengaturan windowskin selesai! Memang jendela percakapan belum terkena efeknya, tapi aku rasa itu nggak sulit.

Tinggal sisanya ini yang makan waktu agak lama :P
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

ch1m0x

udah sejauh mana nih ?

Kei90

Go-go! Gambante~ne!! Nii-san!!

:D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

~danz
Motivation for fighting the fear of life:
"Brave men are them that once saw fear in their life, and crossing the fear. There are no brave men that already been brave when their are born."