Berita:

Update RPN OJ forum! Petualangan keenam kelompok Trihörrèan di Kerajaan Líghtran berlanjut. Sanggupkah mereka mengakhiri masalah di Líghtran? Baca rangkuman kisah maraton sesi terakhir di sini dan lanjutkan petualangan mereka.

Main Menu

Ini RPG apa bukan yah?

Dimulai oleh Èxsharaèn, 02 November 2006, 11:06:18

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 4 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Èxsharaèn

Mungkin beberapa masih bingung untuk membedakan mana RPG dan mana game biasa, karena akhir-akhir ini batasan-batasan RPG mulai mengendur dan ikut melebur ke format game lainnya. Ciri-cirinya sudah pernah aku berikan di forum yang lama, namun di sini aku berikan yang lebih mudah lagi:

1. Tokoh utama biasanya mengalami masalah yang harus ia selesaikan, dan masalah itu menimbulkan dampak yang cukup besar, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi dunia.

2. Tokoh utama menjadi lebih kuat melalui pengalaman (experience), walaupun tidak semua RPG memiliki EXP. Contoh: Harvest Moon sama sekali tidak memiliki statistik tokoh utama yang ruwet, namun ia termasuk RPG. The Punisher memiliki EXP bernama Style Points.

Dua poin ini bisa dijadikan panduan singkat untuk menentukan game A RPG atau bukan. Nanti aku akan post ulang ciri-ciri lebih spesifik untuk tiap jenis RPG.

Omong-omong, topik berikon tanda seru berarti RPG tersebut telah diulas di situs Web RPGFID.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Kaitou 1412

Tambahan nih :
3. Karakter utamanya pasti mengalami hilang ingatan pada masa lalunya.
4. Pasti karakter Heroine-nya adalah teman semasa kecil dari Hero.
5. Mata uangnya pasti Gill/Gold dan berlaku diseluruh dunia. :D
6. Semua orang didunia pasti menggunakan bahasa yang sama. Walaupun ada sih bahasa yang beda.
7. Lupa lagi...

Stash

7. Pasti ada senjata legenda yg akan dipakai si hero
8. Kisah cinta antara hero dan heroine (biasanya)
9. Pasti ada monsternya
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Kaitou 1412

10. Ada boss rahasianya
11. Biasanya karakter yg kita mainkan belum tentu nantinya jadi kawan. misalnya Leon pada tales of Destiny
12. Biasanya boss pada awal permainan itu bukan "Final" boss. PAsti ada Final Big Boss lagi  ;D
13. ...

Wirya

Buset definisinya kok lucu-lucu =D

Kutip dari: Èxsharaèn pada 02 November 2006, 11:06:18
1. Tokoh utama biasanya mengalami masalah yang harus ia selesaikan, dan masalah itu menimbulkan dampak yang cukup besar, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi dunia.
Banyak game yang bukan RPG yang tokoh utamanya seperti itu =D

WA HA HA HA HA HA

Èxsharaèn

Itu definisi dari Wikipedia sih, asal kutip :P

Dapat ide lagi nih:

13. Final boss kebanyakan bisa bertransformasi berulang kali sebelum tewas, jadi final boss pasti susah dilawan.
14. Boss rahasia biasanya lebih ganas dibanding final boss.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Wirya

Lah apa thread ini memang bukan thread serius?

Kalo thread ini bisa untuk diskusi serius/beneran, ini pendapatku mengenai definisi RPG :
1. ada role/class, misalnya knight atau wizard atau semacamnya,
2. ada action2 spesifik yang bisa dilakukan tiap2 role/class (misalnya wizard bisa spell, warrior bisa guard, dll).

Mungkin ada lagi selain 2 itu, tapi sementara itu dulu deh.

WA HA HA HA HA HA

Stash

Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Wirya

Hehe kalo memang serius jangan asal kutip donk :P
WA HA HA HA HA HA

Stash

Kita cuma mencoba mengungkapkan ide kita, apa sebenarnya kategori jelas sebuah game disebut RPG atau gak...

Masalah ngutip, aku tdk terlalu mempermasalahkan. Kan yang penting ada bahan untuk kita diskusikan :)
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Wirya

Setahuku RPG itu singkatan dari "Role Playing Game".

Role playing = bermain peran.








WA HA HA HA HA HA

Èxsharaèn

Kalau mau, aku bisa kasih definisi RPG yang sudah diterjemahkan dari Wikipedia (jadi dasar teori TA-ku :P). Poin (1) sudah aku singkat, harusnya ada lanjutannya:

1. ... Tokoh tersebut sadar atas konsekuensi yang harus diambilnya, dan kebanyakan pilihan itu berlawanan dengan keyakinan yang ia pegang selama itu (semacam menimbulkan dilema).

Kalau dikutip dari Wikipedia, poin 8 itu benar lho... jadi coba saja ungkapkan menurut pendapat kalian, siapa tahu yang lain setuju ;)
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Wirya

Jangan terlalu mempercayai Wikipedia. Informasi yang ada di situs itu kadang2 ngaco.

Mohon gunakan akal sehat. "Tokoh tersebut sadar atas konsekuensi yang harus diambilnya, dan kebanyakan pilihan itu berlawanan dengan keyakinan yang ia pegang selama itu (semacam menimbulkan dilema)", ini tidak mungkin jadi definisi dari RPG, karena :
1. tidak ada hubungannya dengan role play,
2. banyak sekali game2 non-RPG yang menampilkan unsur itu.


WA HA HA HA HA HA

Èxsharaèn

#13
Yah, at least ketimbang nyari di situs lain :D

Makanya topik ini dibuat, siapa tahu ada definisi yang ternyata nggak sesuai. Bahkan, kalau dipikir-pikir, semua game itu role-play khan ;) apa iya ada game yang mengizinkan kita jadi diri kita sendiri... (kecuali beberapa CRPG yang memang alurnya nggak ditentukan)

Oh ya, definisi yang aku kasih barusan itu definisi RPG dalam format asli, bukan yang sudah dikomputerisasi. Jadi masih manual gitu, kudu pakai kertas dan pensil. Kalau dipindahkan ke komputer, ya itu, semua game jadi punya definisi yang sama... Dan jangan diambil separuh paragraf, jadinya nggak nyambung :)

Tambahan:

15. Cenderung bersetting medieval (zaman pertengahan Eropa). Kapan yah ada RPG bersetting zaman pertengahan Indonesia :D

EDIT:
Sori, rupanya aku lupa satu kata kunci untuk poin (1): secara konstan. Lengkapnya begini:
1. Tokoh utama biasanya secara konstan mengalami masalah yang harus ia selesaikan, dan masalah itu menimbulkan dampak yang cukup besar, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi dunia. Tokoh tersebut sadar atas konsekuensi yang harus diambilnya, dan kebanyakan pilihan itu berlawanan dengan keyakinan yang ia pegang selama itu (semacam menimbulkan dilema).

Aku kira itu bisa membantu (masalah dalam RPG biasanya nggak cuma satu kan...).

Oh ya, jangan lupa bahwa konsep RPG itu ya permainan peran, jadi tokoh utama pun kita yang memerankan ;)
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Wirya

Kutip1. Tokoh utama biasanya secara konstan mengalami masalah yang harus ia selesaikan, dan masalah itu menimbulkan dampak yang cukup besar, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi dunia. Tokoh tersebut sadar atas konsekuensi yang harus diambilnya, dan kebanyakan pilihan itu berlawanan dengan keyakinan yang ia pegang selama itu (semacam menimbulkan dilema).
Definisinya masih terlalu global. Ditambahi "secara konstan" juga tidak banyak membantu, karena masalahnya bukan konstan atau tidak konstan. Masalahnya adalah : kalo kita mau "bermain peran", kita tidak harus memerankan suatu tokoh yang mengalami masalah besar. Besar kecilnya masalah itu tidak ada hubungannya dengan "bermain peran". Misalnya saya bermain peran sebagai tukang sapu, masalah besar apa yang saya alami? Tidak ada, kan? Sebaliknya, saya bisa main game Rockman X yang tokoh utamanya mengalami masalah besar, tanpa saya bermain peran sebagai si tokoh utama (karena Rockman X memang bukan RPG).


Kutip15. Cenderung bersetting medieval (zaman pertengahan Eropa). Kapan yah ada RPG bersetting zaman pertengahan Indonesia
Wah ini juga lucu definisinya. Setting medieval Eropa kan tidak ada hubungannya dengan bermain peran. Kalo banyak RPG cenderung bersetting medieval Eropa, itu kan karena tren saja.
Itu lebih tepat disebut "kelaziman" atau "kebiasaan", bukan "definisi"  :P
WA HA HA HA HA HA