Berita:

Sudah daftar tapi belum bisa masuk log? Aktifkan dulu akunmu. Lihat keterangan lebih lanjut di New Party.

Main Menu

Desain resmi Tales of Another Journey

Dimulai oleh Èxsharaèn, 16 April 2007, 05:37:20

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 3 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Èxsharaèn

Beberapa polling tentang desain sistem masih aku buka, tapi desain yang masuk dosen pembimbingku adalah desain yang akan muncul di post ini. Mudah-mudahan desain ini mudah dipahami, kalau ada usulan lain boleh juga ditampung di sini. Yang jelas, ingat bahwa RPG ini menarget para pemain yang tidak pernah memainkan RPG (ada juga lho yang tidak tahu sama sekali apa itu RPG).

Satu per satu, setelah desainnya disetujui (kurang persetujuan satu dosen, besok baru aku ajukan), aku akan tampilkan di sini.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Okay! Desain sudah disetujui, dan berhubung koneksi Internet-ku sudah lancar, pelan-pelan aku akan unggahkan desainnya di sini.

Untuk karsh, ada 10 karsh yang bisa dipiilih. 8 karsh adalah karsh yang dijelaskan di bab 2 RPN OJ: Söldia, Xâtria, Ranch-i-ru, Pölisia, Summon-i-ru, Magia-i-ru, Thæft, dan Sannæ i Naftar-i-ru. Dua karsh baru adalah Anti-Fira Clash-i-ru (Firefighter) dan Döktör (dokter). Apa lagi nih?

Anti-Fira Clash-i-ru, sesuai namanya, bertugas memadamkan kebakaran. Bonus statistik ada di AGL, EVA, dan MVA. Elemen dipastikan Wâr.

Döktör ahli di mantra dan ramuan penyembuh, jadi intinnya mirip dengan Magia-i-ru. Keunggulan dan kelemahannya mirip.

Kesepuluh karsh ini nantinya bisa dipilih manual atau melalui wizard. Ada 5 pertanyaan yang aku sediakan dengan berbagai jawaban yang bisa dipilih; kemungkinan jumlah pertanyaan bisa berkembang lagi. Karsh kali ini berpengaruh di skill yang bisa dipelajari, statistik, dan quest yang bisa diambil. Implementasi yang sama akan diterapkan di RPG OJ v0.3 nanti.

Web-nya belum aku siapkan, tapi kemungkinan besar akan beralamat di http://www.rpgfantasy.web.id/tales.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Pendaftaran dan pembuatan PC untuk Tales of Another Journey sedang disiapkan, dalam beberapa hari aku harapkan bisa dirilis untuk umum untuk beta testing. Mohon bantuannya yaa...
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Okay! Proses pembuatan PC baru sudah bisa dicoba. Kalau punya waktu, silakan kunjungi http://www.rpgfantasy.web.id/tales/buat_pc.php dan ikuti langkah-langkahnya. Sementara ini berlaku untuk siapa saja tanpa harus masuk log (log in) dan PC tidak benar-benar disimpan.

Kalau ada error, tolong kasih tahu yah!
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Stash

Waktu pilih elemen, aku kan pilih manual. Tiap kali aku sdh milih dan tekan lanjut, tetap saja muncul error. Setelah aku cek, kolom element kok selalu tertulis "kosong...." ya? Apa memang kamu set begitu?
Twitter ID : stefano1003
Facebook : http://www.facebook.com/stefano.ariestasia
Google+ : stefano.ariestasia
Blog : http://catatanstefano.wordpress.com

Èxsharaèn

#5
Ups, emang ada yang keliru di halaman itu ^_^; udah dibetulin, silakan coba lagi.

Khusus pembuatan, jangan lupa aktifkan cookie yah, kalau nggak pasti nggak jalan.

Kalau ada error, tolong tuliskan apa saja errornya (aku sudah usahakan agar Fatal Error tidak muncul, tapi untuk Warning masih mungkin muncul).

Thanks ^_^

EDIT:

Kelupaan... memang ada sedikit masalah di halaman step 4, khusus kalau mengisi elemen secara manual. Sementara, kalau keluar kosong..., refresh saja. Dalam waktu dekat akan aku betulkan.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Berhubung buat PC sekarang sudah berlaku untuk member saja (yang sudah masuk log), tautan di atas sudah bisa dibilang kadaluwarsa. Fungsinya masih sama persis dengan yang lama, jadi mungkin bisa dicoba sampai aku unggahkan versi terbarunya.

Udah bisa bikin PC sendiri, lalu kapan mainnya? Tunggu sebentar lagi!
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Okay! Ini perkembangan terakhir. Tahap desain sudah selesai, sekarang aku masuk tahap pembuatan ToAJ, baik situs maupun permainannya sendiri. Untuk sekarang...

Kalian sudah mulai bisa mendaftarkan akun baru. Kunjungi http://www.rpgfantasy.web.id/tales dan ikuti petunjuk untuk membuat akun baru. Jangan lupa aktivasi akun (lihat e-mail konfirmasi; cari di junk mail/bulk/spam; tapi aku sudah tes dan GMail, Yahoo! sukses masuk ke inbox).

Yah, memang baru sampai situ sih... Sebenarnya kalian sudah bisa login setelah aktivasi selesai, tapi kayanya nggak usah dulu deh (belum sepenuhnya jadi soalnya).
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Supaya kelihatan ada progress...

Ini contoh tampilan login. Masih polos memang, karena aku baru mengetes fungsinya saja.



Yang ini contoh tampilan peta secara umum. Petanya memang belum digambar karena aku masih fokus ke tata letak jendela dan fungsinya (rada lain soalnya dengan yang ada di RPG OJ). Paling tidak, tampilan inilah yang akan digunakan sepanjang permainan.



Tulisan damage -2 itu sementara abaikan saja, itu cuman buat nyoba fungsi HP-bar (maklum, semua komponen yang ada di tiap jendela tidak ditulis manual, tapi murni lewat kode program). Desain ini belum selesai, tinggal jendela perintah (yang ada di samping jendela status; coba lihat polling tentang desain tampilan ToAJ).

Warnanya agak jelek yah :P ada usulan warna? Supaya tidak mengganggu pandangan, mungkin aku tidak akan gunakan gambar sebagai background jendela.

Mungkin setelah seluruh jendela dibuat aku baru akan gambar petanya.
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Walaupun progresnya cuma sedikit dan rada teknis, aku tulis aja biar tambah semangat ^_^

Scene untuk menu Item sudah jadi, walaupun tata warnanya amburadul :P scene item itu maksudnya pemilihan menu Item dari menu utama.

Oh ya, aku belum kasih susunan menunya yah... menu yang bisa dipilih nanti lebih sederhana dari RPG OJ (dan mungkin nanti menu RPG OJ akan aku ubah, tergantung mana yang lebih enak dipakai) hanya ada enam: Item, Skill, Perlengkapan, Status, Pengaturan, dan Simpan/Keluar. Permainan akan otomatis disimpan pada kebanyakan bagian dan sebelum keluar via menu. Desainnya akan aku tampilkan kalau sudah jadi semua (saat ini menunya cuma ada satu...)
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Gesta Danorum

Tlg diperjelas Karakter acak di daftar akun baru. Soalnya ga keliatan jelas angka nolnya (0), malah keliatan kayak huruf O.

Btw, kpn ToAJ-nya selesai, kk? Jd penasaran..  :-\ 
OOIII!!!!!!!!!!!

GW BINGUNG MO NGISI SIGNATURE GW!!!!!

MASA DIISI PANCASILA????

Èxsharaèn

#11
OK! Aku lupa bilang kalau hurufnya cuma A sampai F :P tapi kayanya memang lebih baik ganti font deh...

Asal tidak ada halangan lagi (terutama revisi), tanggal 12 Juli nanti akan aku rilis untuk testing.

Untuk progress, sebagian tidak sengaja tertulis di Save Point halaman 5, coba baca di sana. Anyway, perkembangan terakhirnya...

Atas saran stãsh, ToAJ tidak akan menggunakan animasi, mengingat ini game online berbasis Web. Lain ceritanya kalau aku buat programnya diunduh dulu (seperti Ragnarok Online), sehingga semua materi (gambar dll) sudah tersedia duluan di komputer masing-masing (pikirkan seperti RPG OJ). Gambarnya mungkin agak kaku, tapi yang penting 99% bebas dari pelanggaran hak cipta (kecuali ikon, sementara aku "pinjam" punya RPG OJ) karena digambar sendiri. Selain itu, batasan bandwidth situs RPGFWID nggak terlalu besar (memang 1 GB/bulan sih, tapi itu cepat habis lho... karena harus dibagi dengan situs dan forum RPGFWID).

Map juga bisa dibilang 90%, tinggal 1 map lagi (sialnya itu adalah map Monas Matria yang banyak memiliki event).

Main quest dan mini-quest, salah satu fitur yang masih belum jadi di RPG OJ, sudah selesai 70%. Andaikan aku rilis sekarang, quest-quest itu sudah bisa dicoba, tapi belum akan tersimpan :P

Battle masih 80%, kurang menu Item untuk menggunakan item saat pertarungan. Status yang mengurangi HP saat bertarung (bisa tebak: Poison) sudah jadi, tinggal status yang sembuh sendiri setelah beberapa giliran dan status yang mengubah statistik (misal menambah attack). Status yang menyebabkan kehilangan kontrol atas suatu aktor (Confuse dan Petrify) aku pertimbangkan dulu. Kayanya bakal sedikit mempersulit permainan untuk pemain pemula (mungkin baru ditambahkan di versi berikutnya, kalau ada :P)...

Satu fitur lagi yang belum pernah aku singgung adalah Battle Arena. Di sini, pemain akan melawan serangkaian monster nonstop dari awal sampai semampunya. Skor akan diberikan seiring progres, dan 10 top scorer akan bisa dilihat di situs ToAJ. Karena battle-nya sendiri belum selesai, fitur ini juga belum dibuat alias 0% :P

Oh ya, tidak ada game over. Kalau kalah di suatu pertarungan (kecuali di Battle Arena atau memang diizinkan kalah, walau di demo nanti tidak ada pertarungan yang diizinkan kalah), pemain akan otomatis dibawa ke kota terakhir yang dikunjungi, uang di tangan berkurang 50%, semua item (kecuali item kunci) hilang, dan permainan otomatis tersimpan :D
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Update! (sebelum tidur :D)

Sistem penyimpanan sudah 100%, artinya quest yang sudah diambil akan ikut tersimpan.

Map 95%, aku lupa kalau aku punya fitur bank (menyimpan sejumlah uang supaya tidak kena penalti 50% kalau kalah dalam pertarungan). Plus satu mini-quest belum aku pikirkan...

Karena itu, quest bisa dianggap 85% jadi. Tinggal satu mini-quest dan selesailah.

Battle-nya belum kesentuh lagi, mungkin hari ini akan aku lanjutkan.

Nanti pagi aku akan tunjukkan hasil sejauh ini ke dosen pembimbingku. Mohon doanya yah supaya nggak banyak kena revisi ^_^
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Update!

Sistem save terdahulu ternyata kelupaan tidak menyimpan perlengkapan dan skill aktor sekarang. Selain itu, aku menemukan bug besar yang bisa mengakibatkan seluruh kelompok berbagi aktor sistem (aktor yang sudah ada dari semula). Ini sudah diperbaiki, sehingga sekarang semua kelompok bisa punya aktor sistem sendiri-sendiri.

Battle sudah 95%! Seluruh menu sudah selesai dibuat, dan informasi hasil battle ditampilkan satu per satu sesuai giliran aktor (dulu hanya hasil akhir yang aku tampilkan). Tinggal menambahkan beberapa status lagi, terutama yang mempengaruhi statistik sementara. Oh ya, status tidak akan sembuh sendiri dalam beberapa giliran, kecuali aktor KO atau disembuhkan selama pertarungan. Tapi jangan khawatir, status tidak akan berpengaruh apa-apa selama penjelajahan di map.

Berarti hari ini aku sudah mulai bisa sentuh Battle Arena. Doakan hari ini jadi yah!

Mini-quest dan bank belum kesentuh deh :P

Oh ya, aku sarankan jangan buat akun baru dulu, karena sistemnya masih belum stabil. Ada kemungkinan data yang sekarang tidak cocok dengan sistem sekarang. Deadline-ku tanggal 13 Juli nanti (aku harus konsultasi ke kedua dosen pembimbing). Kalau tidak ada revisi lagi, tanggal 14 Juli aku akan rilis untuk alpha test.

Doakan bisa selesai tepat waktu yah... (udah kangen RPG OJ nih :P)
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen

Èxsharaèn

Update terakhir sebelum evaluasi besok.

Battle dan Battle Arena sudah 100%! Berarti ToAJ sudah siap dimainkan.
Bank sudah 100%. Sekarang pemain bisa menyimpan uangnya di bank tanpa khawatir kena penalti 50% saat kalah.

Mini-quest masih belum ada, tapi aku akan buat selepas evaluasi besok (karena ini hanya fitur tambahan). Main quest masih ada kok, walaupun sangat simpel (yang jelas, main questnya tidak mengikuti alur RPN/RPG OJ). Seharusnya tidak memakan waktu lama.

Karena sistem sudah 99% selesai, berarti tinggal data-data pendukung saja, termasuk penyelesaian situs ToAJ, yaitu halaman bantuan (yang bisa diakses kapan saja selama permainan berlangsung) dan 10 pemain dengan skor AP (skor yang didapat di Battle Arena atau diindonesiakan Arena Pertarungan) tertinggi.

Doakan mudah-mudahan revisi besok tidak banyak-banyak yah...
Jangan lupa ikutan serunya petualangan Our Journey!
~ A, èxshna il utnön qu our journey shallaran a èndh... ~

Profiles
About.me https://about.me/hoshiro.exsharaen