Enter Our Journey! > Developer Site

RPG Maker VX

(1/6) > >>

Èxsharaèn:
Ini dah risikonya kalau development terlalu lama, gamenya belum juga selesai, dah muncul editor baru ><

RPG Maker VX memang baru rilis resmi di Jepang, tapi Enterbrain baik hati merilis versi Inggrisnya bulan Februari 2008 nanti. Harganya kemungkinan USD 100. Aku sudah coba trial Jepang-nya, dan benar-benar terkesima. Apa bedanya dengan RPG Maker XP?

1. Sistem kembali ke RPG Maker 2000. Jadi, sekarang peta bisa di-loop tanpa harus scripting, tampilan pesan balik pakai face (gambar muka karakter) dan pesan muncul per huruf, menu balik juga ke RM2K, termasuk sistem battle! Aku nggak nyangka sistem battle bisa balik ke front-view, jadi semua chara nggak kelihatan, berlawanan dengan RMXP. Tampilan battle juga persis sama dengan RM2K, cuma Autobattle yang hilang (tapi aku rasa dengan scripting mudah balikinnya). Yang menyenangkan, sistem transportasi (kapal kecil-kapal besar-pesawat) balik lagi!

2. Penggambaran peta lebih fleksibel lagi, karena sekarang ada total 5 layer. Agak bingung juga sih awalnya, karena nggak ada pilihan layer, yang ada cuma 5 tileset dari A sampai E. Ternyata di situ layernya. Bayangan ditambahkan otomatis. Variasi peta jadi lebih luas.

3. Nggak tahu ini bagus apa nggak, tapi kualitas gambar peta agak turun. Gambar petanya nyaris balik ke zaman RM2K dulu. Animasi pun cuma 3 frame (RMXP 4 frame). Untungnya, kualitas gambar battle dinaikkan. Animasi juga bakal lebih halus karena sekarang permainan akan jalan pada 60 FPS (normal!).

4. Kemampuan scripting masih ada, dengan RGSS2. Versi trial nggak bisa diutak-atik, tapi dari observasi, RGSS2 jauh lebih rapi dan terstruktur. Rasanya lebih menyenangkan scripting di RMVX daripada RMXP.

5. Ada quick event creator untuk teleport, pintu, peti harta, dan penginapan. Praktis!

6. Ini benar-benar deh, ada dungeon generator! Tinggal pilih tile untuk dinding dan lantai lalu klik OK, dungeon akan dibuatkan otomatis! Tinggal diulang saja kalau nggak puas dengan hasilnya.

7. Sudah support Windows Vista. Screenshot yang ada di situs resmi Enterbrain semuanya diambil dari Vista.

Rasanya masih banyak kemampuan RMVX yang belum aku eksplorasi (maklum, trial Jepang, nggak kebaca :P), tapi secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa RMXP = RM2K dengan kemampuan scripting.

Jadi nggak sabar nunggu trial Inggris-nya keluar. Apa nanti RPG OJ bakal pindah ke RMVX yah? Kemungkinan, kalau mengingat fitur-fitur RM2K yang hilang di RMXP, tapi tunggu saja kabar berikutnya ;)

Stash:
Waduh, bagus tuh. Tapi kamu baru beli RMXP original kan? Apa tdk ada semacam upgrade lisensi?

Valcrist:
Loh, bukannya Exshan dulu pake PK? gw liat Database RPG OJ loe waktu lom di-encrypt soale.

Kesimpulan yang di dapat dari VX: User-friendly!! Cocok buat para n00bs yang mau bikin game tanpa harus cape2 scripting, tiling, en eventing. Cuma graphiknya itu loh... mengenaskan T.T Lagipula kudengar tilesets cuman ada 3 biji doang!!! What!!! siapapun yang bisa bikin game RPG yang bagus hanya dengan 3 tilesets = DEWA!!!!!

Èxsharaèn:
Dengar-dengar untuk rilis full, grafiknya jauh lebih banyak dari RMXP. Kalau rajin sih, nanti pasti ada yang edit grafik RMXP untuk RMVX. Tileset bukannya ada 5 lembar? Di trialnya aja yang dipakai cuma 4 lembar. Tapi aku bingung ma struktur gambar tileset RMVX :P

Kalau diteruskan di RMXP, aku harus nyari script untuk vehicle dan looping map, kan nggak lucu World Map ada ujungnya... ada yang mau bantu cari? No SDK yah ;)

Valcrist:
Gimana klo ini?

http://rmxpuniverse.com/forum/showthread.php?t=559

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap