RPG Fantasy Web Indonesia Forum

Explore, Encounter, Battle, Win! => Books of Goodness => Topik dimulai oleh: Flavardiozt pada 25 Agustus 2012, 06:11:25

Judul: Help Me Pliz....
Ditulis oleh: Flavardiozt pada 25 Agustus 2012, 06:11:25
Help Me Pliz...
Bingung harus mulai dari mana untuk membuat sebuah RPN...
Konsep sudah ada, karakter dan cerita sudah harus dikeluarkan dari kepala...

cuman...
bingung gimana nulisnya untuk konsep (karakter dan cerita sih lancar jaya)

tolong bagi kk2 dan cc2 sekalian...
dimohon bantuannya...   :'(  :(
Judul: Re:Help Me Pliz....
Ditulis oleh: azstreet pada 25 Agustus 2012, 11:52:26
Konsep yang dimaksud ini apa ya?
Soalnya menurutku (sebelumnya maaf kalau ini bahasa anak desain), concepting untuk bikin cerita itu cuma di character concept + storyline... begitu cerita jadi di pikiran ya tinggal ditulis :P toh konsep kan cuma author yang bakal tahu, ngapain juga ditulis? Buat catatan kecil aja yang penting ngerti kurasa sudah cukup, kecuali kl kknya collab.
Character conceptnya butuh yang kuat terutama kalau nanti mau dibuat RPG, supaya mudah diingat + yang nggambar jg ga bingung~
Judul: Re:Help Me Pliz....
Ditulis oleh: Flavardiozt pada 26 Agustus 2012, 07:49:23
Maaf kalo kurang jelas tanyanya...
maksudnya konsep di sini itu seperti setting (dunia, waktu, dan latar belakang)...

terima kasih bantuannya...
Judul: Re:Help Me Pliz....
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 26 Agustus 2012, 11:29:25
Kalau itu sih memang mending disiapkan dulu sebelum cerita dimulai, biar ke belakang ga bingung. Kalau bisa sih selengkap mungkin. Untuk membantu, mungkin bisa dibuatkan satu dokumen terpisah yang memuat itu semua (latar belakang, tempat, ras, kronologi, dsb.). Pengalaman aku nulis OJ, awalnya tidak pakai itu (kecuali Part 1 sih, yang memang isinya hanya latar belakang secara umum), kemudian baru di versi 18 (kalau nggak salah) buat dokumen pembantu. Baru ketahuan ada kronologi yang salah :D masalah mau dirilis ke umum sih ga masalah, biasanya pembaca sendiri yang memutuskan apa dia mau cari tahu lebih banyak lagi tentang dunia yang dipaparkan di novel itu (biasanya sih pembaca baru tertarik mencari tahu lebih lanjut setelah mendapati bahwa ia tertarik dengan ceritanya).

Sedia jas hujan rapat-rapat tidak ada ruginya daripada hanya sedia payung sebelum hujan :)
Judul: Re:Help Me Pliz....
Ditulis oleh: Flavardiozt pada 26 Agustus 2012, 06:39:56
Hmm...gitu ya...

jadi harus disiapin dulu ya...
trus harus mulai darimana dulu nih? maksudnya nulisnya dari awal pembentukan duniakah, lokasi karakterkah, dll gitu... ???
cause dulu kalo bikin cerpen ga sampe bikin ginian... :-\
Judul: Re:Help Me Pliz....
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 26 Agustus 2012, 10:18:35
Terserah sih sebenarnya, ada beberapa novel yang di bab awal-awal langsung ngasih permasalahan ke tokohnya, lalu mundur untuk menjelaskan sedikit (atau banyak) apa yang melatarbelakangi masalah tersebut, kemudian lanjut lagi. Ada juga yang ambil langkah urut: menjelaskan latar belakang dll. lalu mulai memberikan masalah. OJ mengambil pendekatan terakhir, walaupun Part 1 itu opsional sekali (boleh dibaca boleh tidak), tapi memang Chapter 3 memberikan landasan untuk lanjut ke Chapter 9 dst.. Cerpen memang tidak serumit itu karena biasanya masalahnya selesai dalam sekali baca dan tidak ada efek berkelanjutan :) setahuku sih banyak yang ambil pendekatan pertama. Kalau masih ragu, baca-baca saja novel-novel fantasi (Harry Potter, Lord of the Rings, Inheritance cycle, Nicholas Flamel, dll.), dari situ bebas mau ditiru atau tidak (atau bahkan dikombinasi).

Coba aja tulis langsung bab pertama, nanti biasanya mengalir sendiri kok :)