RPG Fantasy Web Indonesia Forum

Tales of Another Journey => Development Progress => Topik dimulai oleh: Èxsharaèn pada 26 Juni 2007, 11:11:40

Judul: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 26 Juni 2007, 11:11:40
Tales of Another Journey sudah memasuki tahap pengerjaan, namun masih terfokus pada fungsi-fungsi utama saja (jadi masih belum bisa dimainkan). Pengecekan fungsi-fungsi ini juga termasuk penting, supaya saat dimainkan nanti tidak terjadi bug yang cukup mengganggu.

Nah, untuk itu, siapa yang bersedia melakukan alpha testing Tales of Another Journey? Progres sekarang bisa dilihat di artikel Desain Resmi Tales of Another Journey atau di sini, setelah ada yang bersedia mengetes.

Tentu saja, karena masih dalam tahap alpha, semua risiko ditanggung sendiri (tapi aku sebisa mungkin tidak melakukan kesalahan fatal; kalaupun ada, yang terpengaruh biasanya server RPGFWID dan bukannya komputer kalian).

Kalau bersedia, silakan balas di sini. Paling tidak ada satu jawaban, aku akan unggahkan ToAJ untuk dites. Sebisa mungkin yang mengetes tidak pernah atau jarang memainkan RPG sebelumnya, tapi kalau kalian pemain RPG ya tidak apa-apa. Tolong dites selengkap mungkin dan sebisanya temukan kesalahan atau apapun yang kalian anggap mengganggu (misalnya waktu diklik A tidak muncul apa-apa, atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya). Langkah-langkahnya akan aku tuliskan nanti setelah ada satu sukarelawan.

Untuk informasi, fitur-fitur yang bisa dites sekarang ini:
- Pendaftaran akun baru
- Pembuatan PC baru
- Menu: 2/6 (Item dan Status)

Aku tunggu! ;)
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Gesta Danorum pada 27 Juni 2007, 05:50:48
Err.... wa sih mau aja buat ngetes. tapi gimana caranya kk? apa ada syarat spesifikasi tertentu?
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 27 Juni 2007, 09:26:49
Karena ToAJ adalah game berbasis Web, spesifikasi komputer simpel banget:

- Internet (dial-up cukup), usahakan sestabil mungkin.
- Perambah favorit (sudah dites di IE 6, Opera 9, Firefox 2, Safari 3) yang mendukung Macromedia/Adobe Flash Player (minimal versi 8). Nanti jalankan saja situsnya, kalau nggak punya Adobe Flash Player atau versinya ketuaan pasti akan diminta unduh dulu (Adobe Flash Player 9).

Caranya akan aku jelaskan kemudian, ada yang belum sempurna soalnya :)
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 15 Juli 2007, 12:36:19
Oke! Tales of Another Journey sudah siap dites! Caranya:

1. Kunjungi http://www.rpgfantasy.web.id/tales/

2. Buat akun baru (sudah ada tautannya). Jangan lupa konfirmasi akun (cek e-mail).
Langkah ini bisa dilewati.

3. Kembali ke halaman depan dan klik Mulai Main!!!. Login seperti biasa (gunakan akun yang kalian buat di langkah 2).
Kalau kalian melewati langkah 2, silakan gunakan akun yang cukup lengkap, yaitu nama akun a dan kata kunci a. Akun ini akan direset tiap satu minggu, jadi silakan saja menyimpan permainan menggunakan akun tersebut. Tapi, ini tidak dianjurkan.

4. Permainan akan mencari aktor kalian. Kalau pakai akun baru, pasti belum ada aktor. Silakan ikuti petunjuk di permainan (akan terbuka jendela baru, izinkan saja kalau terblokir).

5. Buat PC sesuai keinginan dengan mengikuti petunjuk di halaman baru tersebut.

6. Kembali ke permainan (jendela buat PC baru bisa ditutup) dan biarkan permainan mengecek sekali lagi.

7. Kalau berhasil, kalian akan dibawa ke Líghtran secara otomatis. Silakan jelajahi sendiri permainannya, atau ikuti walkthrough di bawah ini.

Jika terjadi error atau bug, tolong beri tahukan di sini, lengkap dengan cara mereproduksi bug tersebut (i.e. apa yang kalian lakukan sebelumnya sehingga bug tersebut muncul).

Walkthrough akan aku susulkan pada post berikutnya.
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 15 Juli 2007, 12:42:42
Ini walkthrough tentang apa saja yang bisa dilakukan:

Main quest:
1. Pergi ke Kirnuth Élon. Masuk ke Monas Matria.
2. Temui Panglima Sèzhan dan bicara. Sanggupi permintaannya. Pada saat ini, quest akan ditambahkan ke menu Status > Tugas > Tugas Utama.
3. Jika diinginkan, ajak Arshes. Dia ada di depan Monas Matria.
4. Masuk ke Durk Gavan. Ikuti saja alurnya (gampang kok) dan kalahkan Örca.
5. Kembali ke Panglima Sèzhan untuk menyelesaikan quest.

Inn:
Di manapun, penginapan berfungsi menyembuhkan seluruh aktor dan mengganti susunan kelompok. Untuk susunan kelompok, mungkin yang bisa dilakukan hanya mengeluarkan dan mengajak kembali Arshes (asalkan dia pernah direkrut). Kalau ingin mencoba dengan aktor yang lebih banyak, gunakan akun a (ada 3 aktor dengan 1 aktor cadangan).

Toko dan Bank:
Tidak ada yang spesial. Bank hanya bisa ditemui di Líghtran.

Arena Pertarungan:
Ini berfungsi untuk melawan semua monster yang ada di ToAJ. Untuk alpha test ini, hanya ada 2 monster, namun akan segera aku perbanyak. Kalau ingin tahu lebih banyak, bicara saja dengan penjaganya. Jangan klik Lihat Top Ten karena belum dibuat. Silakan tes dengan membayar sejumlah Gold (agak mahal memang, sekitar 100 hingga 200 Gold).
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 15 Juli 2007, 01:06:29
Bug yang sudah diketahui:

Beberapa teks muncul karakter aneh. Sesegera mungkin dibetulkan (padahal ada yang normal...)
Gambar aktor tidak keluar. Memang sementara ini hanya Summön-i-ru yang punya gambar, tapi bukan kotak merah (kalau main RPG OJ, gambarnya sementara ini sama persis dengan Zhaxmâr).
Logo ToAJ berubah ke font Arial. Ini memang keteledoranku, secepatnya diganti.
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 15 Juli 2007, 01:24:29
Nah, setelah mengetes beberapa saat, tolong jawab pertanyaan-pertanyaan ini yah... Boleh ditulis langsung di sini atau via e-mail ke admin [at] rpgfantasy [dot] web [dot] id dengan subjek Alpha Test Tales of Another Journey.

1. Pernah bermain RPG? (ya/tidak)

Pertanyaan di bawah ini hanya berlaku untuk mereka yang tidak pernah memainkan RPG.
2. Kenapa kamu tidak suka bermain RPG? (terlalu rumit/jalan cerita khayal/membosankan/lainnya, tolong tuliskan)
3. Setelah memainkan ToAJ, apa kamu punya gambaran umum tentang RPG? (ya/tidak) Jika ya, seperti apa? (tuliskan jawabanmu)
4. Apa setelah ini kamu ingin memainkan RPG? (ya/tidak) Kenapa? (tuliskan jawabanmu)

Pertanyaan berikut berlaku untuk siapa saja.
5. Menurutmu, bagaimana fitur-fitur yang disediakan ToAJ? (kurang sekali/kurang/cukup/lebih dari cukup/terlalu banyak)
6. Apa ToAJ mudah digunakan (contoh: penggunaan menu, pemilihan perintah)? (terlalu sulit/sulit/cukup mudah/mudah/sangat mudah)
7. Bagaimana kualitas gambar ToAJ (walaupun aku tahu rata-rata jawabannya :P)? (sangat jelek/jelek/biasa-biasa saja/bagus/sangat bagus)
8. Apakah ToAJ ramah dengan koneksi Internetmu (i.e. waktu loading)? (terlalu lama/normal/sangat cepat) Jangan lupa beritahukan koneksi Internetmu. (dial-up seperti Telkomnet Instan/ADSL seperti TelkomSpeedy/GSM/3G/CDMA/LAN/lainnya. Jika akses dari warnet, tolong tanyakan jenis koneksinya.)
9. Apa petunjuk yang diberikan (i.e. di jendela sebelah atas layar) mudah dimengerti? (terlalu berbelit-belit/cukup sulit/biasa saja/mudah dimengerti/sangat jelas)
10. Bagaimana tata letak ToAJ (misal penataan menu dan tombol-tombol)? (sangat buruk/buruk/cukup/baik/sangat baik)
11. Apa kamu ingin menunggu rilis ToAJ berikutnya? (ya/tidak) Kenapa? (tuliskan jawabanmu)
Note: Ini akan mempengaruhi kembali penilaianku, karena setelah ini ToAJ tidak direncanakan akan dilanjutkan.
12. Apa yang kamu inginkan ada di rilis berikutnya? (Catatan: Fungsi multiplayer tidak akan didukung)

13. Secara umum, bagaimana penilainmu terhadap ToAJ? (sangat buruk/buruk/lumayan/bagus/sangat bagus)
14. Apa saranmu terhadap ToAJ? (silakan tuliskan sebanyak mungkin, tolong yang membangun)

Jawaban ini akan digunakan dalam laporan tugas akhirku. Data pribadi tidak akan dituliskan (nama alias akan dituliskan dalam ucapan terima kasih).

Mohon kerja samanya yah... aku memerlukan jawaban dari 30 orang, jadi minta tolong sebarkan berita ini ke orang lain. Teman, saudara, atau siapa saja, diutamakan yang belum pernah bermain RPG sebelumnya.

Polling ini hanya dibuka selama 10 hari, terhitung mulai hari Minggu, 15 Juli 2007 hingga Rabu, 25 Juli 2007.

Terima kasih! ^_^

PS: untuk Gesta Danorum, sori banget akunmu terhapus.
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Gesta Danorum pada 19 Juli 2007, 02:50:53
1. Pernah bermain RPG? (ya)
5. Menurutmu, bagaimana fitur-fitur yang disediakan ToAJ? (kurang)
6. Apa ToAJ mudah digunakan (contoh: penggunaan menu, pemilihan perintah)? (cukup mudah)
7. Bagaimana kualitas gambar ToAJ (walaupun aku tahu rata-rata jawabannya )? (sangat jelek)
8. Apakah ToAJ ramah dengan koneksi Internetmu (i.e. waktu loading)? (normal, wa pk telkomnet speedy)
9. Apa petunjuk yang diberikan (i.e. di jendela sebelah atas layar) mudah dimengerti? (Kurang jelas)
10. Bagaimana tata letak ToAJ (misal penataan menu dan tombol-tombol)? (buruk)
11. Apa kamu ingin menunggu rilis ToAJ berikutnya? (ya) Kenapa? (Karena game ini cukup bagus, asalkan ada tenaga bantuan lebih dan illustrasi yang apik.)
12. Apa yang kamu inginkan ada di rilis berikutnya? (Penambahan map2 baru, mini-game yang bagus, Quest2 yang beragam, penjelasan cerita dari ToAJ, and many more.)
13. Secara umum, bagaimana penilainmu terhadap ToAJ? (bagus)
14. Apa saranmu terhadap ToAJ? :
-Gimana klo untuk sementara artwork2 & Chara ToAJ ngambil dari RPG Maker XP? 
-Tambahin battle animation and sound-nya (BGM/SE/dll) dunk. klo ga, mungkin wa bisa bantu....  :-\
-Tlg perbaiki lg text penjelasannya. Soalnya ketika wa buka peti / dapat booty(Item drop dr musuh) cuma tertulis "dapat undefined". malah kadang ga ada text sama sekali  :-\
-Entah kenapa waktu wa masuk ke bank(wa main pk account wa, " Mahendra"), layarnya nge-hang. Pas aq pake test account, waktu loadingnya agak lama...  :-\
-Bt Battle Arena, gimana klo konsep awalnya pake Battle Arenanya Star Ocean 2: The Second Story? en lebih baik klo bayarnya sekali aja waktu masuk battle.
-Soal battle, koq ga ada battle backgroundnya ya? text penjelasannya juga kurang jelas pas battle. Mis: pas Arshes wa nyerang, text yang ada cm "Arshes menyerang", selanjutnya ga ada text lanjutan yang menjelaskan apakah serangannya kena ato miss.
-Monsternya diperkuat dunk, spy bisa membunuh karakter.
-Soal PC, Xantria wa koq sampe lvl 5 ga dpt skill apapun? lupa ngasih ato gimana?  ???

Wa sih mau aja bantu kk buat ngembangin ToAJ (lumayan, nambah pengalaman. :) ). klo kk mau, kk bisa sms wa di 081-75192229. And BTW wa anak surabaya, kk tinggal dimana? 
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Stash pada 19 Juli 2007, 09:52:50
- Waktu buka item box, tdk ditulis aku dapat item apa.
- Waktu lawan bos, gambarnya baru keluar setelah turn 1.
- Waktu IP sdh full, kok tdk ada IP skill???
- Waktu aku buka bank, kok tdk muncul apa-apa ya?? Screennya blank... aku blas tdk bisa tekan apa-apa.... Tidak ada tombol keluar, back, atau sejenisnya... Aku ke bank setelah mengalahkan si bos...
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 20 Juli 2007, 08:30:22
@all:
Data sementara memang masih sangat terbatas, jadi data skill, perlengkapan, item, status, dll. masih banyak yang kosong. Sekitar minggu kedua Agustus aku akan tambahkan data-data baru supaya semuanya lebih lengkap.

Teks penjelasan untuk peti (termasuk teks kalau dapat item dari musuh) memang ada bug, ini akan diperbaiki. Bank juga entah kenapa tidak berfungsi, aku akan selidiki dulu.

Thanks ya atas jawabannya... tapi ada yang belum jawab polling tuh...

@Gesta:
-Gimana klo untuk sementara artwork2 & Chara ToAJ ngambil dari RPG Maker XP?
Sementara mungkin memang begitu, sampai ada yang mau bantu di bagian grafik. Kalau tidak ada yang bisa bantu, ya terpaksa pakai gambar sendiri deh... selain itu grafik RMXP hanya boleh digunakan di lingkungan RMXP juga.

- Tambahin battle animation and sound-nya (BGM/SE/dll) dunk. klo ga, mungkin wa bisa bantu....
Akan dipertimbangkan lagi, karena suara harus orisinal juga (selain tidak mengganggu waktu loading). Battle animation akan ditambahkan kalau ada bantuan grafik...

- BA Star Ocean 2 itu yang kaya gimana ya? Aku nggak main SO2 soalnya...

- Battle BG, sekali lagi, ditiadakan sampai ada bantuan grafis. Aku bukan mahasiswa desain grafis soalnya, jadi sementara layarnya kosong dulu (kalau pakai BG dari RMXP, ada pembatasan copyright).
Seingatku ada teks respon setelah "XXX menyerang", seharusnya ada teks "YYY N HP Damage" atau "YYY menghindar". Nanti coba aku lihat dulu.

- Mestinya Örca dirancang supaya bisa membunuh, tapi waktu dites ternyata nggak kejadian ^_^" kalau datanya sudah diperbarui, tolong tes lagi ya...

@stash:
- Waktu buka item box, tdk ditulis aku dapat item apa.
Seharusnya tertulis, tapi dengan cepat tulisannya terganti dengan tulisan lain ^_^" ini akan diperbaiki.

- Waktu lawan bos, gambarnya baru keluar setelah turn 1.
Memang ada keterlambatan loading battler waktu pertarungan dan aku belum nemu solusinya... :(

- Waktu IP sdh full, kok tdk ada IP skill???
Konsep IP skill bukan seperti Limit Break FF7 atau Trance FF9. Coba mainkan lagi RPG OJ.

- Waktu aku buka bank, kok tdk muncul apa-apa ya?? Screennya blank... aku blas tdk bisa tekan apa-apa.... Tidak ada tombol keluar, back, atau sejenisnya... Aku ke bank setelah mengalahkan si bos...
Bug...

Jawaban pollingnya mana?

EDIT:
Untuk bank, bisa dites ulang nggak? Tepatnya kalian melakukan apa sebelum masuk bank? Aku barusan coba kok bisa ya...
BTW ada bug di bank: kalau angkanya diketikkan manual, angka itu otomatis dibulatkan ke kelipatan tertinggi yang berlaku saat itu (misalnya untuk scroll kelipatannya 100, kalau aku masukkan 85 jadinya malah 100). Ini akan diperbaiki.
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 24 Juli 2007, 12:23:46
Karena kurangnya peminat alpha test, alpha test Tales of Another Journey ditutup. Walaupun begitu, ToAJ masih bisa dimainkan. Beta test aku rencanakan tanggal 6 hingga 11 Agustus 2007 untuk melihat reaksi secara umum. Reaksi yang aku maksud di sini bukan tentang penilaian (egois sekali kalau aku menghentikan ToAJ hanya karena dibilang jelek), tetapi kesediaan untuk mencoba ToAJ (berpartisipasi dalam beta test). Kalau reaksinya tetap kurang, yah... dengan terpaksa projek ini dihentikan, sampai ada yang dengan sukarela ikut membantu pengembangan ToAJ, khususnya grafis dan suara. Syarat utamanya, grafis dan suara harus karya sendiri, tidak boleh mengambil hasil karya orang lain (mengadaptasi boleh).

Sekarang deh baru sadar betapa beratnya membuat sebuah game yang cukup besar seorang diri...

Harap maklum yaa...
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Gesta Danorum pada 26 Juli 2007, 08:14:35
Kutip
... selain itu grafik RMXP hanya boleh digunakan di lingkungan RMXP juga.
-Memangnya resources RPG maker XP juga dilindungi pihak enterbrain? setau wa sih ga...
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 26 Juli 2007, 09:51:28
Positive. Coba baca lagi EULA RMXP dan RTP-nya. Memang prakteknya pasti banyak yang pakai juga di luar RMXP, tapi aku nggak mau membiasakan diri dengan pelanggaran EULA.
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 07 Agustus 2007, 12:55:56
Kutip
pas Arshes wa nyerang, text yang ada cm "Arshes menyerang", selanjutnya ga ada text lanjutan yang menjelaskan apakah serangannya kena ato miss.

Ya ampun, aku baru ngerti yang satu ini :P Ini terjadi kalau saat Arshes menyerang, targetnya ternyata sudah KO duluan, jadi Arshes diam saja. Sayangnya, keterangannya tetap "Arshes menyerang" ^_^; kalau targetnya masih hidup, pasti ada text follow-up yang menyatakan hasil serangannya (entah kena atau miss).

Ini sudah diperbaiki, jadi andaikan ada aktor yang menarget musuh yang sudah KO, ia otomatis pindah ke target berikutnya yang masih hidup.

Datanya juga mulai aku perbanyak, terutama untuk perlengkapan, skill, dan musuh (yah, walaupun total hanya ada 10 musuh sih, tapi lumayan kan?). Dan sesuai permintaan, Örca (dan beberapa musuh lain) dibuat jadi lebih "ganas" :D
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Stash pada 08 Agustus 2007, 01:11:52
Kapan nih beta testingnya? :)
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 09 Agustus 2007, 07:57:07
Aduh, sori, bukannya lupa, tapi minggu ini aku masih bikin slide PowerPoint untuk presentasi, jadi beta test-nya terpaksa aku undur sampai kira-kira minggu depan.
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Stash pada 10 Agustus 2007, 09:41:58
Wah, masih sibuk bikin slide powerpoint ya? :)
Judul: Re: Alpha testing
Ditulis oleh: Èxsharaèn pada 24 Agustus 2007, 10:22:54
Karena alpha test sudah lewat masanya, topik ini aku tutup.