Mau bantu pengembangan RPG OJ v0.3? Tapi tidak punya RMXP, tidak bisa menggunakan RMXP, atau bahkan tidak tahu apa yang harus dilakukan?
Dengan rendah hati, aku minta bantuan dari kalian semua untuk membantu
sedikit pengembangan RPG OJ. Yang aku minta sebenarnya tidak terlalu sulit, asal tahu caranya. So, apa saja yang aku perlukan?
Resources untuk RMXP.
Caranya:
1. Tolong carikan beberapa resource yang aku butuhkan seperti tertulis di daftar di bawah.
2. Jika resource berupa gambar, berikan tautan ke gambar tersebut, situs yang memuat gambar tersebut, atau masukkan di jawaban kalian. Selain itu, cukup berikan tautan ke berkas atau situs yang memuat berkas tersebut, nanti aku unduh sendiri. Tolong jangan beri tautan yang sudah mati yah

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Format berkas yang diperlukan adalah:
Gambar: jpg, png
Suara: wav, mid, mp3, wma, ogg
2. Untuk battler, usahakan ukurannya tidak lebih kecil dari 40 x 40 pixel. Ukuran maksimum belum aku batasi, tapi coba bayangkan, apa kegedean untuk game beresolusi 640 x 320 (lahan battle sendiri kira-kira separuh tingginya alias 160 pixel). Cari yang
front view, jangan yang side view. Kalau bisa sih yang ber-style RTP, tapi kalau tidak dicoba saja, mungkin masih bisa digunakan.
3. Ini paling penting.
Jangan lupa catat pemilik resource. Kalau tidak free, lebih baik tidak perlu diambil. Jadi, baca baik-baik aturan penggunaan resource yang diberikan tiap pemilik resource yah

Yang resource-nya dipakai akan mendapatkan credit tersendiri, mulai dari penyebutan nama di daftar credit hingga pembuatan character baru (NPC maupun customized PC) atau bahkan item dengan nama kalian

Thanks ya sudah mau bantuin, walaupun hanya sekedar baca tulisan ini

Oke, berikut daftar resources yang aku perlukan.
Tileset & AutotilesSementara belum ada.
Battler1. Yang paling penting adalah battler bertipe
gunner, karena ini akan digunakan untuk bab 12 ke atas. Gunner default RTP yang akan aku gunakan adalah seperti berikut:
Salah satu penggantinya:
Kalau cari, yang mirip-mirip keduanya yah...
Kandidat yang aku temukan seperti ini, tapi rasanya terlalu kartun...
2. Acromantula. Untuk menggantikan Acromantula, bisa dicari battler laba-laba biasa, asalkan ukurannya lebih besar dari Insnapöda berikut:
Kalau bisa, temukan yang rada berbulu banyak dan warnanya coklat gelap hingga hitam. Kandidatnya seperti ini, tapi warnanya kurang gelap (mungkin bisa digelapkan di RMXP, aku belum coba):
3. Örc. Di v0.2, aku masih pakai gambar goblin

.
4. Tröll Gunung. Raksasa biasa sepertinya cukup...
5. Waqza.
Cek di sini untuk tahu siapa itu Waqza. Kemungkinan besar dia Dharkhan i Magia-i-ru (Black Mage), tapi jangan pakai Black Mage standarnya FF IX

6. Monster-monster lain yang belum muncul di RPG OJ v0.2. Terserah apa saja
Character/CharsetSementara belum ada.
Battle Background (640x480)Masih belum ada bayangan sih, tapi misalkan ada yang nemu battle background yang bagus, coba tunjukkan di sini yah
Animation1. Yang terberat adalah mencari animasi untuk para Guard-i-ru. Sementara coba saja carikan untuk Léviathân (sama dengan Leviathan FF), Phõênix (sama dengan Phoenix FF), Thûrnâth (seharusnya burung, tapi kalau nggak nemu bisa diganti Summon Monster apapun yang elemennya Wind), dan Titân (aku lupa apa padanannya di FF, tapi Guard-i-ru ini seharusnya raksasa tanah karena elemennya Earth. Kalau tidak nemu cari saja Summon Monster Earth, sebisa mungkin humanoid).
2. Beberapa animasi tambahan untuk magi, dan mungkin skill yang berhubungan dengan gunner. Aku belum ada bayangan skill apa saja untuk para gunner, jadi coba cek lagi nanti.
PanoramaSementara belum ada.
Icon (32x32)Sementara belum ada, tapi aku perlu ikon untuk... semangka, ginseng, cabai, dan ginko biloba

Lainnya tidak terlalu krusial, tapi mungkin ikon peta, kunci, berbagai macam senjata dan armor (terutama pistol, tapi aku ragu akan ada pistol baru selain initial equipment

)
Windowskin (192x128)Sementara belum ada, tapi kalau ada yang nemu windowskin yang kira-kira bagus boleh juga ditampilkan di sini. Di v0.3 nanti memang akan ada fitur yang mengizinkan kita memilih sendiri windowskin yang ada (selain yang aku sediakan, kalian nanti bisa menambahkan sendiri dan game akan otomatis mendeteksi sendiri).
BGM/BGS/ME/SEUntuk yang tidak menggunakan RMXP, berikut kepanjangannya.
BGM = background music. Tahu ya yang satu ini

BGS = background sound. Mirip BGM, tapi ini digunakan untuk memberi suara latar. Misal di bab 11, ingat kan di Kuil Hutan ada suara-suara binatang? Itu pakai BGS.
ME = music effect. Bisa dipakai untuk efek musikal pendek, misalnya fanfare, dapat item, dll.
SE = sound effect. Tahu lah dipakai untuk apa saja

Sementara ini aku belum perlu BGM/BGS/ME/SE baru, tapi kalau ada yang nemu yang kira-kira enak didengar dan cocok dimasukkan, beri tautannya yah

Oke, itu dulu untuk sekarang, nanti aku akan beri tahu kalau ada update terbaru. Thanks yah
